Pengendalian Hama Tikus System TBS

Pengendalian Hama Tikus System TBS

Pertanian RASMUNALDI, ST(Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan) 31 Juli 2016 20:02:54 WIB


Tikus merupakan salah satu hama yang menjadi momok petani. Berbagai upaya dilakukan jajaran pertanian dalam pengendalian tikus dilapangan. Mulai dari mendatangkan predator yaitu burung hantu, perangkap tabung bambu, umpan racun tikus hingga dengan gerakan berburu tikus dengan pengasapan.
Saat ini salah satu metode yang sedang dicoba yaitu pengendalian dengan menggunakan trap yang dipasang pada petak sawah yang menjadi tanaman pemikat. BPTPH Sumbar salah satu UPTD yang membidangi perlindungan tanaman di Diperta Sumbar bekerjasama dengan beberapa kelompok tani di kecamatan Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman mencoba metode ini yang dikenal dengan nama TBS (Trap Barrier System).
Tanaman perangkap TBS ditanam 3 minggu lebih awal dibandingkan pertanaman padi disekelilingnya. Hal ini dimaksudkan untuk menarik tikus datang dari lingkungan sekitarnya hingga radius 200 m. Petak tanaman perangkap berukuran kurang lebih 25 x 25 m atau lebih, sehingga berfungsi optimal untuk menarik tikus supaya datang. Pada saat tanaman perangkap ditanam, lahan disekitarnya masih dalam periode olah tanah, sehingga petak TBS akan lebih dahulu memasuki padi bunting. Perbedaan umur tanaman antara TBS dan sekitarnya tersebut akan membuat tikus tertarik mendatangi petak TBS.