Dinas Kehutanan Latih Pengelola PHBM Sumbar

Berita Utama () 25 Juli 2016 15:29:14 WIB


Sejalan dengan percepatan pencapaian target Pengelolaan Hutan Berbasis Masyarakat (PHBM) di Sumatera Barat yaitu mengelola 500.000 Ha Hutan Negara bersama masyarakat sesuai dengan peta jalan (Road Map) PHBM Sumbar, Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat mengadakan pelatihan peningkatan kapasitas SDM pengelola HKm/HN/HTR Provinsi Sumatera Barat Tahun 2016 yang diikuti oleh 60 orang peserta terdiri dari perwakilan LPHN/HKm yang telah mendapat SK PAK HKm/HN. Pelatihan tersebut diadakan selama tiga hari mulai tanggal 14-16 Juli 2016.

Pelatihan peningkatan kapasitas pengelola HKm (Hutan Kemasyarakatan) dan HN (Hutan Nagari) di Sumatera Barat dianggap perlu melihat kenyataan bahwa setelah pengelola HKm/ HN mendapatkan hak kelola terhadap kawasan hutan tersebut kebanyakan dari mereka masih kebingungan untuk mengisi hak pengelolaan kawasan hutan yang mereka terima secara optimal. Pada pelatihan ini setiap peserta diberikan informasi jenis kegiatan usaha yang dapat dikembangkan oleh pengelola HKm/HN, dan bagaimana cara pembentukan koperasi untuk mendukung pengembangan usaha mereka.

Dari pelatihan ini diharapkan pengelola HKm/HN mampu mengusulkan kegiatan yang dapat di fasilitasi Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat dan mampu menyusun rencana usaha pengelolaan HKm/HN yang mereka kelola.