PELATIHAN PENGEMBANGAN DESAIN BATU PERMATA (BATU AKIK)

PELATIHAN PENGEMBANGAN DESAIN BATU PERMATA (BATU AKIK)

Industri dan Perdagangan BUDI SETIAWAN, ST, M.Si(Dinas Perindustrian dan Perdagangan) 19 Juli 2016 15:31:41 WIB


PELATIHAN PENGEMBANGAN DESAIN BATU PERMATA (BATU AKIK)

 

Sumatera Barat terkenal dengan batu lumuik Sungai Dareh yang bersasal dari Kab. Dharmasraya dan batu akik lumuik Suliki yang berasal dari Kab. 50 Kota. Pengolahan batu akik menjadi perhiasan termasuk industri kreatif yang perlu dibina. Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Barat melalui Bidang Industri Non Agro mengadakan Pelatihan Pengembangan Desain batu permata (batu akik) yang berlangsung dari tanggal 23 s/d 26 Mei 2016 di Hotel Grand Zuri Kota Padang.

Pembukaan pelatihan dibuka oleh Bapak Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Barat, Bapak Ir. H. Mudrika. Instruktur pelatihan adalah Sdr. Bebeng Anwari, Pimpinan Sentra Batu Mulya EVA GEM, praktisi yang sudah menggeluti Batu Mulia (Batu Akik) sejak tahun 1985 dari Kab. Sukabumi.

Peserta pelatihan sebanyak 17 orang yang berasal dari Kabupaten/Kota Sumatera Barat. Dari pelatihan ini peserta dapat menambah pengetahuan dan keterampilan pengrajin batupermata/batu akik. Terutamapengetahuantentangdesainsehingga mampu menghasilkan olahan batu permata yang berkualitas dengan desain yang lebih menarik dan mampu bersaing di pasaran lokal maupun nasional.