Pulang Basamo, Ini Destinasi Wisata yang Bisa Dikunjungi

Pulang Basamo, Ini Destinasi Wisata yang Bisa Dikunjungi

Pariwisata () 12 Juli 2016 09:54:35 WIB


PADANG – Pulang basamo alias mudik bersama telah menjadi tradisi warga Minang di perantauan untuk kembali ke kampung halaman.
“Bagi yang mudik ke Sumbar, sedikitnya ada 10 destinasi wisata di sana yang perlu dikunjungi,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya.

1. Danau Singkarak
Pesona alam yang dimiliki kawasan danau ini menjadikannya sebagai salah satu tempat wisata yang patut dikunjungi.
Danau singkarak ini merupakan danau terbesar di Sumbar dengan panjang mencapai 21 kilometer, atau terbesar kedua setelah Danau Toba di Sumatera Utara.
Danau ini memiliki luas 107,8 kilometer persegi. Danau ini membentang di dua kabupaten yakni Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Solok.
Sebagai destinasi wisata, di kawasan Danau Singkarak telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang dapat memberikan kenyamanan pada pengunjung. Sebut saja sampan dan perahu boat untuk menikmati pemandangan di sekeliling danau.
Selain itu juga tersedia hotel sebagai tempat menginap wisatawan yang ingin menghabiskan waktu liburannya di danau ini.

2. Danau Maninjau
Danau Maninjau dikenal sebagai danau terbesar kedua setelah Danau Singkarak. Lokasinya berada di Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam.
Meski berjarak 140 kilometer sebelah utara dari Kota Padang, namun danau ini menawarkan pemandangan eksotis yang sangat sayang untuk dilewatkan.
Danau Maninjau merupakan danau vulkani yang berada pada ketinggian 461,50 meter di atas permukaan laut. Danau Maninjau merupakan sebuah kaldera dari letusan besar gunung api.
Di sekitar Danau Maninjau juga terdapat sejumlah hotel serta penginapan dan restoran untuk memberikan kenyamanan bagi para pengunjung.

3. Danau Kembar
Disebut kembar karena memiliki karakter yang sama dan letaknya juga berdekatan, di mana yang satu di atas dan yang lainnya di bawah. Uniknya untuk mencapai danau yang di atas, pengunjung harus melalui jalan yang menurun. Sebaliknya, untuk mengakses danau di bawah justru harus melalui jalan yang mendaki.

4. Ngarai Sianok
Umumnya ngarai atau lembah berada di daerah pinggiran atau perbukitan. Namun, ngarai yang satu ini berbeda, karena justru terletak di pusat kota.
Keindahannya tak terbantahkan, dengan hamparan rumput nan hijau serta aliran anak sungai yang berliku-liku menyusuri celah tebing berwarna-warni, membuat tempat ini menawarkan ketenangan bagi siapapun yang datang. Terlebih lagi latar Gunung Marapi dan Singgalang yang menghijau seakan menambah pesona tempat ini.

5. Lobang Jepang
Gua yang memiliki panjang lebih dari 1.400 meter ini dibangun pada tahun 1942 oleh para tentara penjajahan Jepang.
Di dalamnya terdapat berbagai ruangan yang dibangun untuk memenuhi kebutuhan para tentara kala itu seperti kantor, rumah sakit, ruang persenjataan dan ruang penyimpanan makanan.
Pintu masuk gua terdapat dibeberapa tempat, seperti di Ngarai Sianok, di Panorama, di samping Istana Bung Hatta dan di Kebun Binatang Bukittinggi.

6. Pulau Cubadak
Pulau Cubadak yang berada di kawasan wisata Mandeh ini, adalah salah tempat yang menawarkan keindahan alam surgawi.
Pulau ini memiliki beragam terumbu karang dan biota laut yang indah. Pulau ini sangat cocok untuk kegiatan menyelam.
Di pulau ini juga terdapat hutan dan sejumlah satwa yang makin menunjukkan keaslian wisata alam pulau.

7. Lembah Anai
Tempat wisata ini memiliki keunikan dari tempat wisata dengan keberadaan tiga air terjun yang masing-masing menyajikan keindahan alam. Dari ketiga air terjun yang ada, satu yang paling terkenal dan menjadi favorit wisatawan yaitu air terjun Lembah Anai yang memiliki ketinggian 35 meter.

8. Ngalau Indah
Berjarak sekitar dua kilometer sebelum memasuki kota Payakumbuh dari arah Bukitinggi, penunjung akan sampai ke sebuah gua alam dengan stalagtit dan stalagmit yang sangat eksotis.
Di dalam gua ini terdengar suara kelelawar berterbangan. Di luar gua ini, pengunjung akan menikmati taman dengan pohon-pohon rindang yang menambah kesejukan dan keindahan alam.

9. Istana Paguruyuang
Tempat wisata yang satu ini memiliki nilai sejarah yang begitu berharga. Istana Pagaruyuang merupakan peninggalan sejarah yang dulunya berfungsi sebagai kediaman Raja Minangkabau.
Sebagai tempat wisata, Istana Pagaruyuang menawarkan koleksi barang-barang peninggalan kerajaan yang hingga saat ini masih terawat dengan baik.

10. Kepulauan Mentawai
Mentawai adalah salah satu detinasi utama bagi para wisatawan dari seluruh dunia yang berkunjung ke Indonesia. Tujuan para wisatawan mancanegara datang ke Mentawai yang utama adalah untuk berselancar karena ombak di Mentawai dipercaya oleh para peselancar sebagai salah satu yang terbaik di dunia.
Tidak itu saja, keindahan alam dan bawah laut yang ditawarkan Mentawai juga luar biasa. www.sumbar.travel