LAUNCHING GEMA NAGARI

LAUNCHING GEMA NAGARI

Berita Utama HAFIZH AHMAD, ST(Dinas Koperasi & UMKM) 29 Juni 2016 09:41:02 WIB


Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sumatera Barat Pada tahun 2016 mencanangkan Gerakan Lima Ribu Membangun Ekonomi Nagari (GEMA NAGARI). Kegiatan ini dilaunching bersamaan dengan  pembukaan bazar/pasar rakyat oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno bersama Wakil Gubernur,Ketua DPRD Prov. Sumbar, Unsur Forkopimda Sumbar, Bupati/Walikota se-Sumbar, Kepala BI Sumbar, Ketua Dekranasda Prov. Sumbar, Ketua Dekranasda kab/kota se-Sumbar, ketua MUI, Dirut PT. Semen Padang, Direksi Bank Nagari di halaman Kantor Gubernur Sumatera Barat pada Selasa, 28 Juni 2016.

Gubernur menyampaikan "Gema Nagari muncul dari rantau untuk ranah menabung di koperasi, berbeda dengan Gebu Minang muncul dari ranah. Oleh karena itu, suksesnya Gema Nagari ini membutuhkan partisipasi semua pihak. Mari menabung membangun nagari. Di kota kota besar akan disosialisasikan bagi perantau untuk menyumbang di nagari melalui koperasi untuk membantu kampung halaman."

Gerakan ini diharapkan mendorong peran koperasi sebagai lembaga keuangan di nagari untuk meningkatkan perekonomian masyarakat nagari dalam bentuk penyertaan modal berupa donasi minimal lima ribu rupiah.

Gubernur mengatakan, modal yang terkumpul melalui koperasi nanti, dapat digunakan untuk usaha koperasi, seperti simpan pinjam dan usaha-usaha produktif lainya. Gerakan dinilai akan berjalan dengan baik, karena masyarakat Sumbar terkenal sukses di luar Ranah Minang, namun tetap memikirkan nagarinya.

Gubernur juga menghimbau, Kepada Biro Pembangunan dan Kerjasama Rantau diminta untuk tidak mengatur dan tidak mengarahkan para perantau kemana mereka akan menyalurkan dananya. Tetapi biarkanlah mereka menyalurkan dananya ke nagari sendiri atau sesuai dengan keinginan mereka.