Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat Komit Selamatkan Naskah-naskah Minangkabau

Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat Komit Selamatkan Naskah-naskah Minangkabau

Berita Utama ROMI ZULFI YANDRA, S.Kom(Dinas Kearsipan dan Perpustakaan) 28 Mei 2016 10:14:58 WIB


Kepala BPA Provinsi Sumbar Alwis, menyebutkan, pihaknya berkomitmen untuk menjadikan konservasi naskah-naskah kuno sebagai program unggulan. "Tidak ada alasan untuk tidak melakukan penyelamatan naskah-naskah Minangkabau,” katanya Kamis (26/5).

Dijelaskan Alwis, puluhan naskah kuno asli sudah berhasil dihimpun Badan Perpustakaan dan Kearisapn (BPA) Sumbar. Namun BPA Sumbar masih terus mengimbau agar masyarakat mau menyerahkan naskah kuno yang mereka simpan untuk dijaga dan dirawat kelestariannya oleh BPA Sumbar.


"Sudah ada 35 naskah yang diserahkan masyarakat kepada kami, termasuk satu naskah penting yakni Naskah Tuanku Imam Bonjol yang dititipkan oleh pewaris naskah kepada BPA Sumbar," ujarnya.
Ditambahkan, BPA Sumbar bukan satu-satunya lembaga formal yang menyimpàn dan mengoleksi naskah penting. Ada lembaga lainnya, seperti Museum Adityawarman Provinsi Sumatera Barat di Padang, Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau di Padang Panjang, miniatur Rumah Gadang di Kebun Binatang Bukittinggi, Fakultas Sastra, Unversitas Andalas Padang dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Imam Bonjol Padang.  "Dalam jumlah yang jauh lebih besar, naskah di Sumatera Barat bahkan terdapat di surau-surau serta tersebar di tangan masyarakat secara perseorangan," ujar Alwis. sumber : http://harianhaluan.com/news/detail/54461/bpad-komit-selamatkan-naskahnaskah-minangkabau