Pelatihan Peningkatan Okulasi Tanaman Karet Tahun 2016

Pelatihan Peningkatan Okulasi Tanaman Karet Tahun 2016

Berita Utama () 17 Mei 2016 08:36:44 WIB


Dalam rangka melatih dan meningkatkan keterampilan petani dalam melakukan okulasi tanaman karet serta pembibitan, Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Barat melaksanakan kegiatan pelatihan peningkatan okulasi tanaman karet bagi petani karet sebanyak 150 orang tahun 2016 yang ada di Kabupaten Sijunjung, Pasaman dan Kabupaten Solok.

Pelatihan di Kabupaten Sijunjung dilaksanakan pada tiga lokasi yaitu di Nagari Sungai Lansek Kec Kamang Baru peserta 25 orang, Nagari Lubuk Tarok Kec Lubuk Tarok peserta 25 orang, Nagari Muaro Bodi Kec Ampek Nagari peserta 25 orang. Pasaman dilaksanakan pada Nagari Silayang Kec Mapat Tunggul Selatan peserta 25 orang, Nagari Pintu Gadang Kec Mapat Tunggul peserta 25 orang, dan Kabupaten Solok dilaksanakan di Nagari Koto Hilalang Kec Kubung peserta 25 orang.

Dalam pelatihan petani dibekali dengan materi dan praktek lapangan, adapun materi yang disampaikan adalah tentang cara membuat bibit okulasi, pemeliharaan dan pengendalian OPT Bibit karet. Narasumber pelatihan dari Provinsi, Kabupaten dan petani ahli.

Dengan pelatihan ini diharapkan petani dapat terampil dan professional membuat pembibitan karet unggul dan menjadi penyedia bibit karet berkualitas, Meningkatnya pengetahuan petani dalam pemeliharaan karet sesuai teknis, Meningkatnya produktivitas karet rakyat sehingga juga akan meningkatkan kesejahteraan petani ungkap Kabid PSP Ir Yusniar, MP selaku PPK dalam pembukaan pelatihan.