Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW)

Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW)

Berita Utama Bagian Pemberitaan Biro Humas(Biro Humas Sekretariat Pemerintah Provinsi Sumatera Barat) 03 Mei 2016 15:44:47 WIB


Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) merupakan wadah berhimpunnya semua organisasi wanita tingkat Provinsi Sumatera Barat baik sosial, profesi dan fungsional. Tercatat 48 organisasi yang telah bergabung dan masing-masing mengutus satu orang sebagai pengurus di BKOW. 
 
Terpilihnya istri Wakil Gubernur provinsi Sumatera Barat yang dipercaya untuk memimpin BKOW periode 2015-2020 utusan dari organisasi Wanita Tani Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (Wanita Tani HKTI) dilantik Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit beserta pengurus BKOW  di Auditorium Gubernuran, Selasa (3/5).
 
Acara Pelantikan serta dialog BKOW-BPPr dan KB dengan organisasi wanita dan GOW Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat ini dihadiri oleh 200 peserta dari berbagai organisasi dan instansi, juga turut hadir  Ibu WAKAPOLDA Provinsi Sumatera Barat, Pimpinan BUMN/BUMD, Pimpinan SKPD Pemprov terkait, Ibu Mantan Ketua Umum BKOW serta Pimpinan Organisasi wanita dan GOW se Sumatera Barat. 
 
"BKOW provinsi Sumbar merupakan wadah berkumpulnya organisasi wanita yang bertanggungjawab dalam kualitas sumberdaya manusia khususnya sumber daya wanita," jelas Anita Ali Asmar selaku Ketua Pelaksana yang akan dilantik sebagai Ketua III BKOW Sumatera Barat.
 
Sejarah mencatat bahwa kaum perempuan Indonesia telah memberikan andil besar dalam perjuangan bangsa Indonesia sejak zaman penjajah sampai dengan reformasi. Berdasarkan Indeks Pemberdayaan Gender (IDG) Sumatera Barat tahun 2014 yaitu 61,86 terlihat peran perempuan masih jauh tertinggal dibanding laki-laki ketertinggalan ini sebagian besar dalam hal keterwakilan perempuan diparlemen dimana proporsi perempuan di DPRD Sumatera Barat pada pemilu 2014 yang lalu hanya 9.23 %. 
 
"saya berharap dapat melanjutkan  program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh Periode lalu dan kami akan menyusun program yang dibutuhkan sesuai kondisi daerah dan masyarakat Sumatera Barat," harap istri Wakil Gubernur ini.
 
Wanita adalah tiang negara jika wanitanya baik maka baiklah negara itu  sebaliknya jika wanita itu lemah, bodoh maka hancurlah negara itu hal ini memberikan pesan betapa pentingnya peran wanita dalam menjadikan negara itu baik, berkualitas, dan kapabel dalam mencapai tujuan yang makmur dan berkeadilan gender.
BKOW berperan aktif dalam memberikan poko pikiran dan kebijakan daerah dengan selalu membangun sinegritas dengan lembaga BUMN, BUMD, SKPD terkait dalam mensukseskan pembangunan daerah.
 
"BKOW selalu membutuhkan pembinaan, dukungan dari semua institusi terutama pemerintah, BUMN, BUMD dan stakholder untuk mendukung jalannya BKOW dalam pelaksanaan program dan kegiatan BKOW kedepan" tegas Ketua Umum BKOW yang baru saja dilantik ini. 
Selanjutnya Nasrul Abit dalam sambutannya  menginginkan  Organisasi perempuan yang ada di Sumatera Barat ini melaksanakan langkah konkret untuk membantu pemerintah karena perempuan bukan hanya sekedar agen namun penggerak pembangunan. 
 
"Organisasi wanita yang tergabung dalam BKOW agar senantiasa menjalin kerjasama dan tidak berjalan sendiri-sendiri dalam mewujudkan visi serta tujuan yang ingin dicapai BKOW," jelas pasangan Gubernur Sumbar ini. 
 
Adapun kepengurusan yang baru dilantik periode 2015-2020 tersebut Hj.Wartawati Nasrul abit, S.Pd.M.Pd selaku Ketua Umum, Ketua I : Drs.Ely ditra,M.Si, Ketua II : Ny. Hj. May Suryadi Asmi, Ketua III : Ny.Hj. Anita Ali Asmar, Sekretaris Umum : Dra. Hj. Yasnida Syamsuddin, MM. Sekretaris I : Hj. Ratna Rasita, Sekretaris II : Dra.Hj. Hallen Abubakar, M.Pd, Bendahara : Hj. Yannelita Syofyan, M.Pd, Wakil bendahara : Helda Wasih, Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan : Ir.Hj. Rihaida Dahlan, Ketua Bidang kependidikan dan IPTEK : Dr.Hj.Yarmin Syukur,M.Pd.Kons, Ketua Bidang ekonomi dan Koperasi : Ny.Yun Ermon, Ketua Bidang Sosial Budaya, Agama, Kesehatan dan LH : Ny. Hj. Elmy Musa, Ketua Bidang Hukum, HAM dan Tenaga Kerja : Ir.Ria Mulyanef, Ketua Bidang Informasi Komunikasi dan dokumentasi : Dra. Desmita,M.Si.        
        
Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit berharap kepengurusan yang baru, dapat menyusun program kerja yang realistis dan implementatif sehingga dapat bermanfaat terutama bagi kaum perempuan serta menciptakan program yang langsung menyentuh masyarakat dan bekerja sama dengan instansi terkait.