Dharmasraya Gagas Depo Arsip Pertama di Sumatera Barat

Dharmasraya Gagas Depo Arsip Pertama di Sumatera Barat

Berita Utama ROMI ZULFI YANDRA, S.Kom(Dinas Kearsipan dan Perpustakaan) 03 Mei 2016 13:44:02 WIB


"Kesadaran akan arsip sebagai bentuk pelestarian nilai sejarah kepada generasi selanjutnya"

Kabupaten Darmasraya satu-satunya di Sumatera Barat yang membangun Depo kearsipan. Pembangunan  ini merupakan salah satu bentuk kesadaran pemerintah kabupaten untuk mengelola Arsip dengan baik.

"Kesadaran akan arsip sebagai bentuk pelestarian nilai sejarah kepada generasi selanjutnya," ungkap Kepala Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Sumbar Alwis saat meresmikan Depo Arsip Kabupaten Dharmasraya, Selasa, 3 Mei 2016.

Depo kearsipan merupakan bangunan yang dirancang khusus untuk menyimpan arsip dari suatu daerah agar terjaga dan tekelola dengan baik. Depo nantinya akan menyimpan arsip-arsip yang bersifat statis dari masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Ia menjelaskan, Depo kearsipan juga akan menyimpan dokumen yang bernilai sejarah seperti sejarah terbentuknya sebuah wilayah dan tokoh-tokoh sejarah di daerah tersebut.

Dikatakanya, Depo kearsipan harus memiliki tolak ukur penyimpanan baik dan bagus kerena bisa jadi dokumen yang berupa kertas paper kurang memiliki ketahanan. "Harus diperhatikan suhu kelembapan dalam ruangan penyimpanan, jika tidak maka dokumen akan cepat rusak dan itu sama dengan menumpuk kertas dalam gedung," tuturnya.

Ia berharap kesadaran Arsip bisa menular kepada kabupaten/kota lain yang ada di Sumbar. "Sehingga Arsip Sumbar secara keseluruhan menjadi provinsi yang sadar Arsip," tuturnya.

sumber : http://bisnis.klikpositif.com/baca/1569/dharmasraya-gagas-depo-arsip-pertama-di-sumbar