siMAYA di Dinas Kelautan dan Perikanan

siMAYA di Dinas Kelautan dan Perikanan

Berita Utama () 28 April 2016 09:56:00 WIB


Sosialisasi lmplementasi aplikasi siMAYA 28 April 2016 di aula Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumatera Barat jalan Koto Tinggi Padang. Peserta sosialisasi ini adalah seluruh pejabat struktural dan beberapa orang staf di DKP Sumbar.
Aplikasi siMaya adalah aplikasi e-office yang telah disempurnakan dari aplikasi sebelumnya, sebagaimana disampaikan oleh nara sumber dari Biro Humas Setdaprov. Sumbar Drs. Akral.MM, yang juga kepala bagian Telematika mengatakan bahwa aplikasi siMAYA telah disesuaikan dengan PERMEN PAN. RB No. 6/2011 tentang Pedoman Umum Tata Naskah Dinas Elektronik (TNDE). Aplikasi ini dikembangkan dengan mengadopsi teknologi terbaru yaitu cloud computing dengan bahasa pemograman nodejs dan menggunakan data base Mongo. Aplikasi siMAYA dapat diinstal secara lokal di instansi pemerintah.
Aplikasi ini dapat mengefisienkan dan mengefektifkan proses sebuah surat, baik dari sisi biaya maupun dari sisi waktu, aplikasi ini juga dapat diakses dimana saja dan kapan saja.
Pememerintah Povinsi Sumatera Barat mencoba menerapkan aplikasi ini dalam surat menyurat dinas diseluruh SKPD, maka semua pejabat struktural harus menguasai aplikasi ini, karena proses sebuah surat adalah melibatkan pejabat struktural demikian pak Akral menutup penjelasannya. (by. Akral).