KEGIATAN PENGEMBANGAN NAGARI MODEL KAKAO,KOPI DAN KELAPA TAHUN 2016 DI KABUPATEN PESISIR SELATAN

KEGIATAN PENGEMBANGAN NAGARI MODEL KAKAO,KOPI DAN KELAPA TAHUN 2016 DI KABUPATEN PESISIR SELATAN

Berita Utama () 26 April 2016 08:56:32 WIB


Untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan petani kakao di Kabupaten Pesisir selatan pada Tahun 2016 ini Dinas Perkebunan Prov Sumbar melaksanakan kegiatan SL (Sekolah lapang) Kakao. SL dilaksanakan di Nagari Duku Kec Koto XI Tarusan yang diikuti oleh 30 peserta terdiri dari anggota Kelompok Tani Sakato dan petugas lapangan Kabupaten. SL dilaksanakan dalam 7 kali pertemuan enam kali pembekalan materi dan satu kali praktek lapangan.

Sekolah lapang ini dipandu oleh Instruktur yang sudah berpengalaman dari Dinas Perkebunan Provinsi yaitu Yetti Fendri. Adapun materi yang diberikan yaitu tentang pemangkasan kakao, pascapanen kakao, budidaya tanaman kakao,sambung pucuk dan samping kakao, pemupukan, pengendalian OPT, dinamika kelompok, dan kunjungan lapangan ke Sei Geringging Padang Pariaman dengan mempraktekkan apa yang telah didapatkan dalam pertemuan materi.

Sekolah lapang langsung ditutup secara resmi oleh Kepala Dinas Perkebunan Ir Fajarudin dengan memberikan penghargaan kepada peserta terbaik dalam mengikuti SL. Dalam sambutan Kadisbun disampaikan agar petani dapat menerapkan ilmu yang telah disampaikan instruktur dan menerapkan di kebun masing-masing sehingga hasil dari buah tanaman kakao yang baik dapat kita harapkan. Pemeliharaan dan perawatan yang baik tentu akan memberikan peningkatan produksi yang baik pula sebab tanaman kakao sangat butuh perawatan setelah ditanam, ia tidak bisa diserahkan tumbuh sendirian. Maka kita dari Dinas melaksanakan SL-Kakao ini bertujuan untuk mengajak petani dapat memperlakukan tanaman kakao dengan baik dengan memperhatikan cara atau teknis budidaya tanaman kakao. Harapan kita semoga setelah ini hasil produksi yang baik dapat kita harapkan.