Gubernur Sumatera Barat hadiri Uji Kompetensi Wartawan

Gubernur Sumatera Barat hadiri Uji Kompetensi Wartawan

Berita Utama Bagian Pemberitaan Biro Humas(Biro Humas Sekretariat Pemerintah Provinsi Sumatera Barat) 23 April 2016 12:57:26 WIB


Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menghadiri pembukaan kegiatan Uji Kompetensi Wartawan yang diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia di Hotel Daima siang ini, Jumat (22/4).

Turut hadir mendampingi Asisten Bidang Pemerintahan Prov Sumatera Barat Devi Kurnia, dan Kepala Biro Humas Prov Sumatera Barat Irwan.

Kegiatan yang bertemakan,”Menciptakan Wartawan yang Profesional dan Berkompeten” ini sudah dilaksanakan ke sekian kalinya dan sudah dilaksanakan di berbagai penjuru tanah air, baik diselenggarakan oleh PWI Pusat, daerah maupun oleh PWI cabang.

Terdapat 3 tingkat dari wartawan, masing-masingnya yaitu Cluster Muda, Cluster Madya, dan Cluster Utama. Untuk uji kompetensi kali ini diikuti oleh 77 orang wartawan. Dan hingga saat ini sudah terdapat 550 orang awak media yang termasuk dalam kategori berkompeten di Indonesia.

Dalam sambutannya Gubernur Sumatera Barat mengatakan, ”Kami memberikan dukungan yang penuh terhadap kegiatan seperti ini. Kami juga perlu memberikan informasi yang terbuka dan pencerahan kepada masyarakat, maka tentunya itu kami juga akan terus bermitra dengan wartawan.”

“Wartawan harus memiliki ilmu dasar dalam melaksanakan tugasnya sebagai awak media yang nantinya akan memberitakan berbagai informasi yang diperoleh kepada masyarakat luas. Terkadang ketika sedang wawancara dengan saya, dari pertanyaan yang diberikan oleh wartawan tersebut saya sudah bisa membaca dan mengetahui apakah wartawan itu berkompeten atau tidak. Melihat kondisi saat ini merupakan sebuah keniscayaan, suatu yang tidak bisa dipungkiri bahwa wartawan saat ini dituntut kompetensinya,” jelasnya.

“Oleh karena itu kami sangat mendukung kegiatan ini dan saya berpesan kepada seluruh wartawan untuk selalu meningkatkan kompetensi dan profesionalitasnya dalam dunia jurnalistik,” pesan Irwan Prayitno.