siMAYA DI KEHUTANAN

siMAYA DI KEHUTANAN

Berita Utama () 21 April 2016 11:13:24 WIB


Sosialisasi dan latihan implemetasi  administrasi perkantoran Maya ata siMaya dilaksanakan di aula Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat, 20 April 2016 Jalan Raden Saleh Padang, acara ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat Bapak Ir. Hendry Octavia. MSi. Setelah membuka kegiatan ini beliau langsung ikut sebagai peserta untuk belajar bersama-sama dengan pejabat eselon III,esselon IV dan beberapa orang staf.

 

Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa “perkembangan Teknologi Informasi saat ini  sangat luar biasa, bahkan tidak bisa membedakan mana ranah public dan mana ranah pribadi. Penerapan siMaya merupakan keharusan di instansi Pemerintah, hal ini merupakan  bentuk proses komunikasi administrasi dalam melaksanakan pekerjaan, sekalipun pimpinan tidak berada di kantor, sehingga proses surat menyurat atau admintasi tetap berjalan seperti biasa dan akan lebih cepat lagi prosesnya, karena tidak perlu menunggu pimpinan harus datang ke kantor, apalagi kesibukan dan mobilitas pimpinan lumayan tinggi seperti rapat di DPRD, rapat dengan pimpinan, ada undangan ke luar kota dan bahkan luar provinsi,“untuk itu Pak Hendry menghimbau aparaturnya agar serius mengikuti pelatihan ini.

 

Sebagai nara sumber Sosialisasi adalah Kepala Bagian Telematika Biro Humas Setda Prov. Sumbar Drs. Akral. MM mengatakan bahwa “aplikasi siMAYA merupakan tindaklanjut dari Perpres no.81 tahun 2010 tentang Grand Gesign Reformasi Birokrasi 2010-2015, maka berkat kerjasama Kementerian PAN/RB dengan Kementerian KOMINFO RI dengan melahirkan Tata Naskah Dinas Elektronik (TNDE). Pak Akral berharap semua pejabat eselon nering di SKPD harus pandai menggunakan aplikasi siMAYA ini, karena yang memproses surat itu adalah dari pebat structural, apabila satu tingkat saja pejabat tidak bisa menggunakan aplikasi ini maka suratnya akan berhenti disitu dan surat itu juga tidak akan pernah sampai ke pimpinan selanjutnya. Disamping itu mantan Pegawai Pemerintahan  Biro Pemerintahan Nagari Kelurahan ini juga menyampaikan pentingnya memanfaatkan Website Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dengan situs www.Sumbarprov.go.id,  untuk mempublikasikan seluruh kegiatan yang ada di SKPD, berita yang ada di website ini akan bermanfaat pula oleh masyarkat dapat dijadikan sebagai rujukan, seperti penelitian dan sebagainya, juga sebagai bahan berita bagi para wartawan, dan yang paling istimewa adalah, dimana berita yang ada di www.Sumbarprov.go.id juga akan link dengan website Info Publik di Kementerian KOMINFO RI dan juga diterjemahkan dalam empat bahasa”.

 

Untuk implementasi penggunaan aplikasi siMaya  sebagai Instrukturnya adalah  Khairul Zaman, S.Kom dan Yeviki Maisyah Putra, S.Kom,  dari Tim E-Government Provinsi Sumatera Barat, para peserta yang hadir sangat antusias dan serius mengikutinya, dengan system learning by doing peserta kelihatan lebih  cepat memahaminya. (by. Akral)