PELATIHAN AKUNTANSI BAGI PENGURUS / PENGELOLA KOPERASI

PELATIHAN AKUNTANSI BAGI PENGURUS / PENGELOLA KOPERASI

Berita Utama () 19 April 2016 15:57:09 WIB


Untuk meningkatkan kemampuan koperasi dalam menyajikan laporan keuangan dengan baik dan benar sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku.  Dinas koperasi dan UMKM Provinsi Sumatera Barat melalui UPTD Balai Latihan Koperasi menyelenggarakan Pelatihan Akuntansi Bagi Pengurus/Pengelola Koperasi di hotel Takana juo  Padang pada tanggal 19 s/d 21 April 2016.

Sasaran pelatihan adalah pengurus dan pengelola koperasi-koperasi yang terbilang cukup baru karena belum setahun beroperasional atau baru menjadi pengurus sehingga belum berpengalaman dalam menyusun laporan keuangan maupun mengadakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) koperasi. Adapun Tujuan pelaksanaan kegiatan ini untuk menambah pengetahuan dan keterampilan bagi pengurus dan pengelola usaha koperasi dengan prinsip-prinsip akuntansi sehingga keuangan koperasi berjalan tertip dengan sistem akuntansi keuangan (SAK) ETAP. Laporan Keuangan yang baik akan meningkatkan kepercayaan anggota dan pihak luar.

Materi yang disampaikan adalah dasar-dasar akuntansi mulai dari pengertian akun, debet, kredit, neraca, laporan perhitungan hasil usah atau laba/rugi yang dilanjukan dengan proses pembukuan akuntansi keuangan koperasi dengan contoh kasus dan pembahasan alur akuntansi mulai dari analisa transaksi menjadi jurnal, merekapnya ke buku besar, membuat neraca saldo, memindahkan ke kertas kerja atau neraca lajur, sampai dengan laporan posisi keuangan dan laporan perhitungan hasil usaha atau laporan laba rugi.