Penyuluh Kehutanan di Bekali untuk Usulkan PHBM

Penyuluh Kehutanan di Bekali untuk Usulkan PHBM

Berita Utama FEBY ANROW, S.Hut(Dinas Kehutanan) 18 April 2016 16:28:05 WIB


Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat melalui Kelompok Kerja Perhutanan Sosial didukung oleh REDD+ UNDP melakukan pembekalan terhadap penyuluh kehutanan Sumatera Barat. Kegiatan pembekalan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Penyuluh Kehutanan dan tenaga fasilitator lainnya di Provinsi Sumatera Barat dalam melaksanakan fasilitasi pengusulan PHBM melalui skema Hutan Nagari (HN), Hutan Kemasyarakatan (HKm) dan Hutan Tanaman Rakyat (HTR) mulai proses sosialisasi, penyepakatan skema, penguatan kelembagaan dan penyiapan usulan.

Penyuluh kehutanan diharapkan dapat berkontribusi dalam mendukung percepatan pembangunan kehutanan melalui Pengelolaan Hutan Berbasis Masyarakat (PHBM) dengan skema Perhutanan Sosial antara lain Hutan Kemasyarakatan (HKm) dan Hutan Desa/Nagari (HD/HN). Kehadiran PHBM dipandang sebagai sebuah solusi yang melibatkan peran serta masyarakat dalam pembangunan kehutanan yang membawa peluang pemanfaatan hutan bagi masyarakat secara legal dengan harapan akan meningkatkan penghasilan masyarakat tersebut.

Penyuluh kehutanan merupakan garda terdepan bagi Dinas Kehutanan sebagai pendamping kelompok tani hutan/ masyarakat dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan kehutanan di daerah tempat tinggal mereka yang masih berada disekitar kawasan hutan. Termasuk sebagai tenaga yang dapat menjadi perpanjangan tangan Dinas kehutanan Provinsi dalam memfasilitasi pengusulan Hutan Kemasyarakatan (HKm) dan Hutan Nagari (HN). Penyuluh Kehutanan akan dibekali buku “Panduan Fasilitasi Pengajuan Hutan Kemasyarakat dan Hutan Desa/Nagari” yang diterbitkan oleh Kelompok Kerja Perhutanan Sosial Sumatera Barat sehingga seluruh penyuluh kehutanan memiliki persepsi dan metoda yang sama dalam mendampingi masyarakat dalam proses pengusulan HKm, HD/HN. Ini merupakan salah satu upaya Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat melalui Kelompok Kerja Perhutanan Sosial dan didukung oleh REDD+ UNDP untuk mempercepatan realisasi target nasional dan target daerah untuk mengelola hutan bersama masyarakat dalam skema HKm dan HD/HN.

Diharapkan dengan pembekalan ini penyuluh kehutanan dapat memahami dan melaksanakan proses pendampingan dalam pengusulan HKm, HD/HN dengan mudah dan lebih terarah.