Nasrul Abit Hadiri Syukuran Masyarakat Kabupaten Solok Selatan

Nasrul Abit Hadiri Syukuran Masyarakat Kabupaten Solok Selatan

Berita Utama Bagian Pemberitaan Biro Humas(Biro Humas Sekretariat Pemerintah Provinsi Sumatera Barat) 11 April 2016 03:43:40 WIB


Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit menghadiri syukuran masyarakat Kabupaten Solok Selatan atas terpilhnya Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Solok Selatan periode 2016-2021 di Wisma Umi Kalsum Nagari Pasia Talang Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok selatan (10/04/2016). Acara ini dihadiri oleh Mantan Kepala Dinas PU Provinsi Sumatera Barat Sabri Zakaria yang merupakan saudara kandung Muzni Zakaria, Bupati Kabupaten Solok Selatan Muzni Zakaria, Sekda Kabupaten Solok Selatan, Muspida Kabupaten Solok Selatan, Tuanku Rajo Panai/ Rajo Batuah Sabirin, Tokoh Rantau Solok Selatan M. Yunus, Ketua LKAM Kabupaten Solok Selatan Tuanku Datuak Rajo Enda, Tim Pemenang Pasangan Bupati/Wakil Bupati Kabupaten Solok selatan, ninik mamak, alim ulama, cadiak pandai.

Ketua LKAM Kabupaten Solok Selatan mengatakan syukuran ini merupakan acara selamatan dan mengantarkan Bupati Muzni Zakaria /Wakil Bupati Solok Selatan Abdul Rahman  terpilih untuk dapat menjalankan amanah selama 5 tahun kedepan.

M. Yunus yang merupakan tokoh Solok Selatan dari rantau berharap kepada Bupati/Wakil Bupati Solok Selatan terpilih dan Provinsi Sumatera Barat untuk memberikan kemudahan dalam perizinan dan investasi.

"Kami berharap agar pembangunan jalan tembus Kabupaten Solok Selatan dengan Kabupaten Pesisir Selatan dapat diselesaikan," ucap M. Yunus.

Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria mengatakan saatnya kita bersama membangun Kabupaten Solok selatan, dan bersinergi dengan Pemerintah Provinsi/lembaga terkait untuk quick respon dalam penanggulangan bencana.

"bencana alam longsor dan banjir yang terjadi belakangan, membuat bebrapa jalan terputus, dalam hal ini terjadinya pemalakan dikarenakan lambatnya respon dalam penanggulangan bencana, dan juga karena kewenangan untuk memperbaiki jalan dan sungai bukan sepenuhnya kewenangan Bupati", ucap muzni zakaria

Kami berharap adanya penanganan dengan cepat dan perbaikan darurat untuk mengatasi banjir di batang lolo, tambah Bupati Solok Selatan

Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit mengatakan pilkada telah usai mari kita dukung program Bupati/wakil Bupati lima tahun kedepan.

Nasrul Abit mengatakan tugas khusus saya sebagai Wakil Gubernur adalah pengembangan pariwisata dan pengatasan kemiskinan,

Untuk pengembangan pariwisata, bupati/walikota diminta untuk:
1. Bersihkan lokasi pariwisata daerah dari pemlakan liar, tukang pakuak, kebersihan dan keamanan sampai dengan akhir lebaran nanti akan di cek oleh provinsi
2. Setiap daerah mesti membuat master plan pariwisata, dan akan di verifikasi bulan juli mendatang, jika lolos verifikasi maka nanti akan ada mou kesepakatan dengan provinsi mengenai bantuan pembiayaan yakni 40:60 provinsi:kabupaten/kota.

Dalam pengatasan kemiskinan, Kabupaten Solok Selatan berada pada peringkat 35 dari 122 Kabupaten tertinggal. Untuk itu ini merupakan tugas berat bupat dan kita bersama untuk membebaskan Kabupaten dari kategori daerah tertinggal.

Selain itu, mengenai pembuatan jalan tembus dari Kabupaten Solok Selatan menuju Pesisir Selatan, WKil Gubernur mengatakan berdasarkan riset dari menteri kehutanan bahwa jalan tersebut tidak boleh dibuka karena disana terdapat hutan dan binatang yang dilindungi.

"Meskipu  belum diizinkan oleh Kementerian kehutanan, kita akan berusaha kembali untuk meminta izin dan toleransi karena ini terkait dengan pertumbuhan ekonomi masyarakat, ucap Wakil Gubernur Sumatera Barat.