Wisata Sumbar No 2 Setelah Bali

Berita Utama Agus(Biro Humas) 07 Juni 2013 07:56:47 WIB


Wisata Sumbar No 2 Setelah BaliMenparekraf Marie Elka Pangestu mengatakan Sumatera Barat dinilai banyak wisatawan sebagai "sorga" dunia karena lengkapnya potensi wisata yang di miliki daerah ini. Hal ini disampaikan Menparekraf saat memberi keterangan pers menjelang pembukaan balap sepeda even Tour de Singkarak di Istana Bung Hatta di Bukittinggi, di Istana Bunga hatta Bukittinggi, Minggu (2/6).
Sumbar dikarunia alam yang hijau, danau, laut, sungai dan gunung serta potensi obyek wisata yang luar biasa. Menurut dia, potensi alam Sumbar selalu mendapat pujian bagi orang yang berkunjung ke daerah itu, maka melalui even TdS dapat menjadi salah satu ajang promosi wisata bagi daerah ini.
Even balap sepeda berskala internasional tersebut, bukan saja dilihat pada aspek "sport" atau olahraga saja, tapi dapat memberi dampak di sisi ekonomi. Jadi, diharapkan even TdS untuk mendorong Sumbar dalam pengembangan sektor kepariwisataan ke depannya.
Mari Elka mengungkapkan data kunjungan wistawan asing ke Sumbar periode Januari-April tahun ini terjadi peningkatan sebesar 24 persen. Peringkat tersebut, menghasilkan sumbar sebagai provinsi terbanyak ke dua di Indonesia yang dikunjungi oleh wisatwan asing sesudah Bali.
"Ke depan terus didorong, semoga Sumbar dimasa mendatang akan dikenalkan secara nasional maupun internasion," ujarnya. Apalagi dengan adanya acara TDS (tour de Singkarak) ini, diharapkan mulai bulan Juni, persentasenya bisa meningkat terkait banyak kunjungan wisatawan mengikuti dan menyaksikan even TdS ini.
Menurut dia, potensi yang dimiliki Sumbar masih berpeluang untuk dikembangkan lagi, mulai dari wisata alam, budayanya, dan khususnya bagi Kota Padang, sangat tepat dijadikan potensi wisata MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition) karena di dukung oleh sarana perhotelan yang lengkap dan memadai.
Mari Elka dalam kesempatan itu, juga memberi apresiasi terhadap masyarakat Kota Bukittinggi, karena begitu padatnya saat menyaksikan pelepasan pebalap sepeda even TdS di star etape I Bukittinggi-Bonjol, Pasaman. "Semangat masyarakat dan pemerintah daerah dalam persiapan even, patut diapresiasi," ujarnya.
(Humas Sumbar)