Kunjungan ke tempat Wisata Kawasan Mandeh

Kunjungan ke tempat Wisata Kawasan Mandeh

Artikel Admin Satpol PP(Satuan Polisi Pamong Praja) 10 Februari 2016 23:29:48 WIB


KAWASAN MANDEH NAN RANCAK BANA

Satpol PP Sumbar, Mandeh --- Kawasan Wisata Mandeh adalah tempat wisata Bahari daerah Provinsi Sumatera Barat di Kabupaten Pesisir Selatan merupakan kawasan wisata yang terletak di Kecamatan Koto XI Tarusan yang berbatas langsung dengan Kota Padang. Kawasan Mandeh adalah gugusan beberapa Kepulauan seperti Pulau Setan Kecil, Pulau Cubadak, yang juga terdapat Resort Cubadak Paradiso, Pulau Sironjong Besar dan Kecil, Pulau Traju, sepanjang melewati pulau-pulau kecil itu dibagian selatan Kampung Carocok terdapat tanjung yang meliuk mirip kail dan dibagian utara juga ada Pulau Bintagor, Pulau Marak, Pulau Ular dan Pulau Padang yang bersebelahan dengan Pulau Sikuai.

Lokasi Kawasan Mandeh ini hanya berjarak 56 Km dari Padang dengan waktu tempuh sekitar 56 menit yang luasnya ± 18.000 Ha. Kawasan Wisata Mandeh sudah dikenal baik tingkat Nasional maupun Internasional dengan adanya investasi asing (Itali), mengembangkan resort wisata yang dikenal dengan Cubadak Paradiso. Bahkan Kawasan Mandeh telah menjadi destinasi utama kebijakan sector pariwisata kebaharian yang dimasukkan kedalam Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Nasional (RIPPNAS) bersama biak dan Bunaken. Kawasan Wisata Mandeh sangat menjanjikan untuk dijadikan tujuan investasi wisata bahari.

Tidak diragukan lagi keindahannya Wisata Bahari Kawasan Mandeh yang disebut juga Raja Ampat di Papua dari Barat, yang terletak di Provinsi Sumatea Barat  Kabupaten Pesisir Selatan yang terletak di Kecamatan Koto XI Tarusan. The Paradise in the Shouth (surga di Selatan)maksudnya di bagian selatan Provinsi Sumatera Barat, julukan ini tepat diberikan pada Kawasan Mandeh dengan penduduknya yang ramah, damai dan saling menjaga akan kelestarian pulau-pulau tersebut.

Kita dapat mengunjungi dengan menggunakan kendaraan sebelum ke dermaga Pelabuhan Carocok Tarusan menuju puncak nona yang disuguhi pemandangan sangat bagus seperti Raja Ampat dari Papua, dari ketinggian ini kita bisa melihat objek-objek mana saja yang akan kita kunjungi dan dipuncak tersebut kita juga bisa selfi terlebih dahulu. Selanjutnya kitapun dapat mengunjungi pulau-pulau kecil tersebut dengan mengunakan kapal nelayan/boat bisa dari Pelabuhan Carocok Tarusan, surga inilah yang kita dapati bersama penduduk setempat yang terkenal cukup ramah dan cepat berbaur dengan masyarakat pendatang, bahkan suka membantu dengan pemandangan air laut yang biru langit dan kehijauan serta hamparan pantai pasir putih yang masih terjaga keasliannya.

Adapun pulau-pulau yang dapat kita kunjungi seperti pulau Setan (Sutan), adalah pulau kecil yang indah dengan pantainya pasir putih yang lembut, wisatawan dimanjakan dengan waterspot seperti banana boat, donat, jetsky dan bisa juga kegiatan camping. Selanjunya melewati pulau Cubadak resort wisata yang dikenal dengan Cubadak Paradiso yang sudah ditempati oleh investasi asing (Itali), disini kita dapat melakukan Snorkling dan Scuba Daivingmenyaksikan keindahan terumbu karang yg tidak kalah dengan tempat lain karena terdapat sekitar 70 hektare yg masih terawat, serta berbagai biota laut yang beraneka ragam indahnya. Selanjutnya kita menuju pulau Srojong Kecil, pulau yang berbatu cadas besar, disini kita bisa uji nyali untuk memicu ardenalin dengan meloncat dari ketinggian batu ± 10 meter dari laut atau dikenal dengan cliff jumping, bahkan wisatawan yang datang kesini sering memanfaatkan danau laut ini berenang dari satu pulau ke pulau lainnya.

Terus kita menuju Desa Kapo-Kapo dengan melewati hutan bakao (mangrove) yang sangat cantik, sepanjang kita melewati Desa Kapo-Kapo, terus Sungai Gemuruh, yang masih dikelilingi hutan mangrove seperti kita sedang menjelajahi hutan Amazon dan akhirnya di daerah Sungai Nyalo kita bertemu dengan air terjun yang masih bersih dan jernih, disini kita dapat selfi akan keindahan alam dan kitapun dapat mandi membersihkan badan setelah kita melakukan berbagai kegiatan dipulau mandah ini yang merupakan akhir dari wisata Kasawan Mande.

 

(by.Novear)