Pemprov Sumbar Pinjamkan Ruangan Museum Adtyawarman Untuk Museum Gempa 2009

Pemprov Sumbar Pinjamkan Ruangan Museum Adtyawarman Untuk Museum Gempa 2009

Berita Utama Jojon(Biro Humas) 06 Februari 2016 17:27:45 WIB


Padang, Mendukung keinginan Pemerintah Kota Padang untuk menyimpan sekaligus memamerkan dokumen-dokumen terkait kejadian gempa besar tahun 2009, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat meminjamkan sebagian ruangan di Museum Adtyawarman sebagai tempat penyimpanan yang representatif. 

“Keinginan Pemerintah Kota Padang ini positif, sehingga kita harus mendukung. Kami pinjamkan sebagian aset kami, berupa ruangan museum berukuran 10 X 8 Meter persegi. Untuk administrasi pinjam pakai ruangan sudah kita tandatanggani agar tidak menyalahi aturan,” terang Sekretaris Pemerintah Provinsi Sumatera Barat Ali Asmar, di Padang, Rabu (3/2).

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Pemerintah Kota Padang, Nasir Ahmad mengatakan, pinjam pakai ruangan museum bertujuan untuk memamerkan dan lebih memperkenalkan serta menempatkan dokumen-dokumen gempa tahun 2009 di tempat yang lebih representatif, sehingga masyarakat yang ingin mengetahui secara detail cerita ketika gempa 2009 lalu dapat berkunjung ke museum dengan nyaman.

“Dengan adanya pinjam pakai ini, koleksi di Museum Adtyawarman bertambah. Ini akan mendatangkan keuntungan. Masyarakat yang ingin mengetahui dan mempelajari kejadian gempa 2009 yang mengakibatkan ribuan korban meninggal dan bangunan runtuh, bisa langsung ke museum,” ungkapnya.

Nasir Ahmad menjelaskan, setelah administrasi pinjam pakai museum terselesaikan, segera ditindaklanjuti dengan penataan tempat, sekaligus menyiapkan petugas untuk menjaga dan menjadi pemandu bagi pengunjung museum gempa.  

“2-3 minggu ke depan sudah dapat kita cek dan apakah sudah didesain semenarik mungkin, dan tentunya akan disiapkan juga petugas yang akan memandu masyarakat dalam menjelaskan dokumen-dokumen tersebut,” pungkasnya. ***