Seluruh SKPD Harus Dorong Masyarakat Hadapi MEA

Seluruh SKPD Harus Dorong Masyarakat Hadapi MEA

Berita Utama Bagian Pemberitaan Biro Humas(Biro Humas Sekretariat Pemerintah Provinsi Sumatera Barat) 19 Januari 2016 06:13:31 WIB


Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Sumatera Barat Ali Asmar meminta seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) agar bekerja optimal memberikan layanan ke masyarakat, khususnya mendorong pelaku usaha agar dapat bersaing dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

“Sesuai bidang dan tugasnya masing-masing, SKPD harus mendorong pelaku usaha kecil menyikapi MEA, sehingga MEA benar-benar menjadi peluang untuk memasarkan produk unggulan Sumatera Barat. Bukan hanya dipandang sebagai tantangan,” ungkap Sekda ketika memimpin upacara periodik di Halaman Kantor Gubernur, Senin (18/01).

Ali Asmar menjelaskan, potensi yang ada di Sumatera Barat harus terus dioptimalkan dan dipromosikan ke wilayah Asia Tenggara, ataupun ke seluruh dunia. Dengan harapan, banyak masyarakat internasional yang mengetahui keunggulan potensi Sumatera Barat, sehingga memancing mereka untuk membeli atau mengunjungi Sumatera Barat.

“Potensi kita besar, seperti pariwisata, perkebunan, produk khas songket, kuliner. Semua itu harus dipromosikan melalui program SKPD. Agar memiliki daya saing, produk kita harus dipoles dan dikemas cantik agar menarik,” pintanya.

Selain itu, menurut Ali Asmar, masyarakat Sumatera Barat harus menjadikan MEA sebagai pembelajaran untuk meloncat ke pasar yang lebih besar. Hal itu karena, dua tahun ke depan, Indonesia juga akan melaksanakan kemitraan Trans-Pasifik dan perjanjian perdagangan bebas dengan Uni Eropa.

“Dua tahun lagi berlaku Trans Pasifik. Kalau kita tidak gabung, maka barang ekspor kita ke Eropa akan dikenakan pajak hingga 15-20%. Untuk itu, kita harus siap mulai dari sekarang, salahsatunya melalui MEA ini,” pungkas Ali Asmar