Sumbar Boyong Empat Penghargaan APN Tingkat Nasional Tahun 2015

Sumbar Boyong Empat Penghargaan APN Tingkat Nasional Tahun 2015

Berita Utama YANITA SELLY MERISTIKA, S.Kom(Dinas Pangan) 28 Desember 2015 05:34:04 WIB


Padang - Sumbar memboyong empat penghargaan pada Ajang Adhikarya Pangan Nusantara (APN) tingkat Nasional Tahun 2015 yang diselenggarakan tanggal 21 Desember di Istana Negara Jakarta. Penghargaan APN langsung diserahkan oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo.

Penghargaan yang diperoleh adalah untuk kategori Pelaku Pembangunan Ketahanan Pangan kelompok pemberdayaan (diraih oleh KWT Bunga Melati Kelurahan Padang Alai Bodi Kecamatan Payakumbuh Timur Kota Payakumbuh), kategori Pelaku Ketahanan Pangan kelompok Industri Pengolahan Pangan (diraih oleh KWT Kembang Sari Prima, Jorong Lundang Nagari Panampuang Kecamatan Ampek Angkek Agam), Kategori Pembina Ketahanan Pangan / Kepala Desa (diraih oleh Reflismen, Walinagari Duo Koto Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam) dan Kategori Pelayan Ketahanan Pangan / Penyuluh (diraih oleh Ade Candra, Penyuluh Pertanian Lapangan wilayah kerja penyuluhan Lubuk Layang, Kecamatan Rao, Kab. Pasaman).


Melalui pemberian Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara Tahun 2015, Presiden Jokowi selaku Ketua Dewan Ketahanan Pangan berharap agar para Penerima dapat terus bekerja dan bisa memberikan inspirasi bagi masyarakat dalam pembangunan ketahanan pangan. Kedepan, tantangan pangan akan semakin besar, kedaulatan pangan menjadi salah satu kunci dalam pembangunan nasional di bidang sumber daya manusia. Peran pemerintah daerah dalam meningkatkan produksi, mengelola cadangan, melakukan stabilitasi harga, serta pembinaan konsumsi pangan dan perbaikan gizi akan menjadi sangat vital dan mendasar. Sedangkan peran masyarakat dalam pembangunan nasional akan semakin diintegrasikan menuju peningkatan perekonomian dan kesejahteraan.

Selanjutnya, para Penerima Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara Tahun 2015 akan memiliki tugas mengemban amanat yang lebih besar lagi dalam mewujudkan ketahanan pangan, kemandirian pangan, dan kedaulatan pangan nasional.