LOMBA DISAIN BUSANA TENUN SUMATERA BARAT

Artikel BUDI SETIAWAN, ST, M.Si(Dinas Perindustrian dan Perdagangan) 16 Desember 2015 10:37:12 WIB


LOMBA DISAIN BUSANA TENUN SUMATERA BARAT

20 November 2015 di Pangeran Beach Hotel Padang

 

Sebagai mana diketahui bersama, Sumatera Barat sangat kaya dengan produk-produk kerajinan yang bernilai tinggi, khususnya untuk Tekstil dan Produk Tekstil. Tenun songket merupakan salah satu produk tekstil unggulan Sumatera Barat, dengan proses pengerjaan yang tradisional dan motif-motif yang mengandung makna dan filosofi yang dalam tentang kehidupan masyarakat minang yang menjadikan tenun songket sangat berharga. Namun perkembangan industri tenun di Sumatera Barat dirasakan agak lambat, antara lain disebabkan oleh terbatasnya jenis produk tenun/songket, serta terbatasnya promosi dari pihak-pihak terkait.

Untuk menjawab permasalahan tersebut diatas, maka diperlukan inovasi dan kreatifitas pengrajin tenun agar tenun lebih memasyarakat, bahannya nyaman dipakai, motif sesuai selera konsumen serta memakai warna yang serasi sehingga segmentasi pasarnya lebih luas,

Untuk mencapai keinginan diatas, Dinas Perindag sebagai Instansi pembina, telah melakukan beberapa kegiatan pembinaan yang berkesinambungan sejak tahun 2011 s/d sekarang kepada Pengrajin disentra-sentra tenun Sumatera Barat.

Pembinaan meliputi pengembangan desain, pemilihan bahan baku, pengaturan tatawarna serta diversifikasi produk tenun kearah busaha harian yang bekerjasama dengan desainer dan Praktisi Tenun.

Selain itu yang tidak kalah pentingnya promosi dengan menampilkan busana berbahan tenun Sumatera Barat pada acara Fashion Show yang berskla Nasional maupun International seperti yang telah dilakukan beberapa tahun terakhir bekerjasama dengan Desainer Nasional yang tergabung dalam Assosiassi Pengusaha Perancang Mode Indonesia ( APPMI ).

Untuk memacu Kreativitas dan inovasi bagi pengrajin tenun serta upaya memfasilitasi pengembgan produk tenun secara berkelanjutan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Barat mengadakan Lomba Desain busana Tenun Sumatera Barat yang diikuti oleh 20 peserta lomba yang berasal dari Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Lima Puluh Kota, Kabupaten Sijunjung, Kota Sawahlunto dan Kota Padang.

Dengan kegiatan Lomba ini diharapkan dapat memberikan dampak positif kedepan, sehingga tenun bisa menjadi milik masyarakt berbagai kalangan lanyaknya seperti batik dan bisa dipakai diberbagai suasana dan usia.

Pelaksanaan Penilain Lomba ini diadakan pada tanggal 20 November 2015 di Hotel Pangeran Beach Hotel Padang dengan pemenangnya anatara lain ; untuk Juara I dan II dimemangkan oleh Pengrajin Tenun dari Kubang Kabupaten 50 Kota, sedangkan untuk Juara III oleh Pengrajin Tenun dari Halaban Kabupaten 50 Kota.

Juri dari Lomba ini terdiri dari :

  1. Desainer Fomalhau Zamel
  2. Desainer Ade Irma
  3. Praktisi Tenun Sofia Rasyad.