Ketua DPRD Minta Masyarakat Jaga Keamanan Pasca Pilkada

Ketua DPRD Minta Masyarakat Jaga Keamanan Pasca Pilkada

Berita Utama DENY SURYANI, S.IP(Sekretariat DPRD Prov. Sumbar) 14 Desember 2015 08:40:36 WIB


PADANG, Set DPRD--- Ketua DPRD Sumbar Ir. H. Hendra Irwan Rahim, MM mengimbau semua elemen masyarakat berperan serta menjaga keamanan pasca Pilkada. Semua pihak diminta menahan diri dan menghormati penyelenggaraan Pilkada serentak yang berlangsung hari kemarin.

“Usai pelaksanaan Pilkada ini, biarkan KPU bekerja menyelesaikan tahapan rekapitulasi suara hingga penetapan calon terpilih nantinya. Semua pihak kami himbau menghormati aturan, jaga keamanan, jangan ganggu kerja KPU,” tutur Hendra  usai memberikan hak suaranya bersama sang Istri Ny. Hj. Yudhi Hendra di TPS 03, Kelurahan Jati Baru, Kecamatan Padang Utara, Rabu (9/12).

Disampaikannya, apapun putusan KPU dan siapa nanti yang menang, itu mesti diterima bersama. Ia juga tak menampik, pasca hari pemilihan, berbagai persoalan akan rawan untuk timbul. Terutama berkaitan dengan tahapan rekapitulasi, baik untuk Pilgub maupun Bupati/walikota.

Perselisihan hasil perhitungan antara lembaga survei dan lembaga-lembaga lain dari parpol atau Paslon bisa saja terjadi.

“Masyarakat kami minta jangan terpancing dengan klaim menang dari pihak-pihak lain, sebelum ada putusan final atau hasil pleno KPU,” paparnya.

Untuk itu, Hendra juga meminta pengawalan terhadap tahapan penghintungan suara dari pihak keamanan mesti optimal. Jangan ada yang bermain untuk kepentingan pihak-pihak tertentu. "Sangat rugi jika terjadi manipulasi, jika itu terjadi mesti diberi sanksi yang tegas," ucapnya.

DPRD tambah dia, dari awal juga terus berupaya optimal agar penyelenggaraan Pilkada serentak yang pertama kali dilaksanakan ini berjalan sukses. Usaha tersebut ditunjukan dengan dukungan anggaran secara penuh untuk pemilihan Gubernur yang jumlahnya lebih dari Rp70 miliar.

Di media massa, para anggota dewan di DPRD Sumbar juga terus mengingatkan pentingnya memberikan hak pilih demi kemajuan daerah, sebagai warga negara yang baik. Pada Pilkada kali ini, Hendra berharap partisipasi pemulih lebih dari 70 persen. 

Sementara itu, dari segi penyelenggaraan, Hendra menilai pengawalan sudah sangat baik, masing-masing TPS  juga memberikan pelayanan terbaik kepada pemilih. Kepada pemimpin terpilih nantinya, Hendra berharap mereka dapat membawa kemajuan untuk Sumbar. 

"Hari besok mesti lebih baik dari hari ini, siapapun yang terpilih merupakan pilihan kita bersama dan pemimpin kita. Semua mesti mendorong pemimpin terpilih untuk memacu pembangunan dan memajukan Sumbar lima tahun kedepan," tutupnya.

Pada hari pencoblosan kemarin, Hendra mewakili DPRD Sumbar juga mengunjungi beberapa titik strategis seperti Lembaga permasyarakatan dan rumah sakit. Hal itu dilakukan bersama unsur pejabat lainnya.  Diantaranya  bersama ketua KPU RI, Husni Kamil Manik, Ketua DPD RI Irman Gusman, serta PJ Gubernur Donnyzar Moenek. (dprd-sumbarprov.go.id)