Polda Sumbar Fokuskan Pengamanan Pilkada di Perbatasan

Polda Sumbar Fokuskan Pengamanan Pilkada di Perbatasan

Berita Utama Jojon(Biro Humas) 05 Desember 2015 18:35:40 WIB


Padang, Kepolisian Daerah Sumatera Barat, akan memfokuskan pengamanan pilkada serentak 2015 di perbatasan provinsi guna mengantisipasi adanya mobilisasi massa dari provinsi tetangga.


"Pengamanan perbatasan provinsi ini juga untuk memastikan kondisi tetap aman," kata Kapolda Sumbar, Brigjen Pol Bambang Sri Herwanto di Padang, Selasa.

Ia mengatakan mobilisasi massa bisa saja terjadi untuk memenangkan salah satu pasangan calon, atau untuk menggagalkan proses pilkada dengan membuat kericuhan.

Proses pengamanan di perbatasan provinsi selain melibatkan personel kepolisian dari Polda Sumbar juga melibatkan Polres dan Polresta terdekat dari lokasi.

"Kita tidak boleh lengah apa pun bisa terjadi pada saat tahapan pilkada berlangsung," ujarnya.

Ia mengatakan untuk pengamanan ini pihaknya menurunkan sebanyak 6.670 personel dan anggota yang akan diturunkan ini telah disiapkan semaksimal mungkin.

Ia mengimbau masyarakat untuk aktif menjaga situasi pada saat tahapan Pilkada.

"Masyarakat punya peran besar mewujudkan suasana pilkada yang tertib dan saya minta peran serta masyarakat," ajaknya.

Selain itu ia mengimbau masyarakat agar memberikan hak pilihnya ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) terdekat dan segera melaporkan seandainya ada hal yang mencurigakan.

"Memberikan hak suara di TPS merupakan hak warga negara, kalau ada upaya sekelompok oknum yang mengarahkan untuk memilih salah satu calon, bahkan menggunakan ancaman silahkan lapor ke kepolisian yang bertugas," tegasnya.

Ia menambahkan pihaknya akan berusaha mewujudkan suasana pilkada serentak yang aman dan tertib dengan melakukan pengamanan yang menyeluruh.

"Setiap ada kegiatan kampanye di titik tertentu kami akan melakukan pengamanan, bahkan sampai pengamanan TPS pada saat pencoblosan," katanya. (Antara Sbr).