Samsat Mulai Beroperasi Di Mentawai

Berita Utama () 19 November 2015 22:28:58 WIB


MC.Mentawai_Mentawai salah satu daerah kepulauan yang secara geografis menyulitkan para pengguna kendaraan bermotor, untuk melakukan pembayaran pajak kendaraannya, karena di daerah yang dijuluki Bumi Sikerei ini belum ada akses untuk pembayaran pajak.
Sebagai upaya Pemerintah untuk menertibkan kendaraan bermotor  yang masa aktif  pajaknya sudah berahkir, alias mati pajak dapat diaktifkan kembali. Tahun ini merupakan kabar gembira untuk masyarakat Mentawai, karena Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) keliling telah hadir 4 orang dari Tim Dinas Pengelola Keuangan Daerah (DPKD) Padang, dibantu oleh 1 orang dari Jasa Raharja dan  1 orang dari pihak Kepoliasian Padang, Kamis (12/11) di Dishubkominfo Kabupaten Kepulauan Mentawai.
“Sebagai launching pertama kami akan melayani perpanjangan pajak, yang masih belum lima tahun, karena kalau sudah lima tahun mati pajak tentu harus ganti plat motor, kalau yang bersangkutan bersedia STNKnya dibawa dulu untuk diproses di Padang itu lebih baik lagi” ungkap Ketua Tim, Mistar S.Sos,MM dan sekaligus sebagai Tata Usaha di DPKD kepada MC. 
Pelayanan Samsat yang hanya dilakukan satu hari ini, memang belum terlihat banyak masyarakat yang melakukan pengurusan, karena menurut Mistar masyarakat masih banyak yang belum tahu, namun kedepan pihaknya akan menghimbau masyarakat Mentawai dengan memasang spanduk pelayanan samsat keliling di setiap daerah dan dikatakannya kegiatan ini akan dilakukan setiap bulan sekali, untuk bulan Desember di minggu kedua pada tanggal 17 untuk datang kembali melayani perpanjangan pajak. 
“hari pertama memang sepi, mungkin masyarakat belum banyak yang tahu, seperti halnya di daerah lain, ke depan kita  akan pasang spanduk himbauan” ucapnya.