Sore Hari Kota Padang Diserang Banjir dan Longsor

Sore Hari Kota Padang Diserang Banjir dan Longsor

Berita Utama HERA ARMAN, ST(Badan Penanggulangan Bencana Daerah) 11 November 2015 22:53:40 WIB


Padang 11/11/15, Hujan lebat mengguyur kota Padang sejak sore hari dari pukul 16.00 wib hingga menyebabkan beberapa kecamatan mengalami banjir dan juga longsor. Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Sumbar menyampaikan situasi di lapangan, sebanyak 11 titik longsor berada di KM.14 hingga KM.25 jalan nasional yang menghubungkan antara Kota Padang dengan Kabupaten Solok.

Menurut Plt. Kepala Pelaksana BPBD Sumatera Barat, Ir. Zulfiatno,MSC saat melakukan koordinasi dengan Dinas PU Provinsi Sumatera Barat, mereka hingga malam ini sedang melakukan pembersihan material longsoran dengan menggunakan alat berat berasal dari Provinsi dan Kabupaten Solok. "Pembersihan ini diperkirakan memakan waktu hingga pagi hari dikarenakan banyaknya titik longsoran dari 2 arah yaitu dari arah Solok dan dari arah Padang" katanya.

Menurut Satgas Pusdalops BPBD Sumbar, kejadian sekitar pukul 17.19 wib yang dilaporkan oleh masyarakat setempat, terdapat 3 kendaraan yang tertimpa material longsoran, diantaranya 1 Truk, 1 mobil APV milik Pemkab Sijunjung dan 1 motor tertimpa material longsoran di area Lubuk Peraku. 2 korban mengalami luka yang segera dilarikan ke RS. Semen Padang oleh masyarakat setempat. dilaporkan juga, pada saat ini hingga pukul 23.21 wib terjadi kemacetan kendaraan yang melintas di jalan Padang-Solok tersebut, karena jalan putus total. Pihak Kepolisian saat ini bersiaga di lokasi kejadian guna mengurai kendaraan yang sedang melintas.

Juga diutarakan, terjadi luapan air di Batang Sungai Lembang yang menyebabkan tergerusnya bibir sungai yang merobohkan 2 unit rumah milik warga Batu Gadang masing-masing milik Afrida (36th), dan Bakhri (60th), 3 jiwa mengalami luka dalam kejadian tersebut yang segera dilarikan ke RSU. M.Jamil oleh Petugas. Korban diantaranya bernama Ilham (2,5th) anak dari Afrida yang mengalami patah kaki, Rifka (7th) luka ringan, dan Afriadi Idrus (36th) luka ringan.

Dilaporkan juga oleh Satgas Pusdalops Sumbar, Petugas SAR pada pukul 20.27 wib juga telah berhasil mengevakuasi 1 orang yang terjebak di sungai Buyung Sainak (70th).

Selain kejadian longsor, hujan yang cukup lebat selama 5 jam di kota Padang juga menyebabkan banjir yang melanda 5 kecamatan; diantaranya 1) kecamatan Nanggalo; Tabing Banda Gadang, 2) kecamatan Lubuk Begalung; Batung Taba, Banuaran, Ujung Tanah, Pegambiran, dan Gurun Lawas, 3) kecamatan Padang Selatan; Seberang Palinggam, dan Seberang Padang, 4) kecamatan Bungus-Teluk Kabung; Bungus Barat, dan 5) kecamatan Limau Manis Selatan; Banda Gadang.

Ketinggian luapan air rata-rata 1-2 meter, Tim SAR gabungan dari BPBD Sumbar, BPBD Padang, Dinkes, Polairud, Lantamal, KSB, PMI dan relawan bergerak mengevakuasi warga yang terbagi di beberapa titik. Saat hujan berangsur-angsur reda pada pukul 23.00 wib, air juga kembali mulai surut dan Petugas masih tetap siaga guna mengantisipasi jika hujan kembali turun.

Ir. Zulfiatno, MSC memerintahkan kepada Pejabatnya, agar pagi nanti untuk bergerak melakukan pantauan bersama BPBD Kota Padang, kelokasi-lokasi kejadian guna melakukan upaya bantuan yang dibutuhkan oleh masyarakat terdampak atas kejadian tersebut. (Gst)