SURVEILLANCE PERTAMA ATAS PENERAPAN SMM ISO 9001:2008 DI DISHUT SUMBAR

SURVEILLANCE PERTAMA ATAS PENERAPAN SMM ISO 9001:2008 DI DISHUT SUMBAR

Kehutanan () 30 Oktober 2015 22:30:05 WIB


Pada hari Senin 19 Oktober 2015, Wakil Manajemen Mutu SMM ISO Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat Ruswin Rustam, menerima kehadiran Erfi Ilyas, auditor dari lembaga sertifikasi PT. TÜV Rheinland. Sesuai dengan jadwal yang telah disepakati, pada hari itu dilaksanakan Audit Surveillance tahap pertama atas penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 lingkup Pelayanan pada Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat. 

Audit  ini bertujuan untuk meninjau konsistensi penerapan sistem manajemen mutu pada Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat terhadap standar SMM ISO 9001:2008, memeriksa efektifitas tindakan perbaikan atas hasil audit sebelumnya, dan meninjau peningkatan sistem manajemen mutu pada Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat.

Pelaksanaan Audit Surveillance tahap pertama dilaksanakan selama satu hari mencakup seluruh proses/kegiatan yang dilakukan pada Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat, khususnya yang terkait dengan pelayanan. Bidang yang diaudit meliputi: Wakil Manajemen Mutu, Sekretariat, Bidang Pemanfaatan Hutan dan Unit Pelaksana Teknis Daerah Balai Perbenihan Tanaman Hutan, Pengendali Dokumen dan Rekaman dan Audit Internal.

Berdasarkan pengamatan auditor selama proses audit berlangsung, terdapat beberapa hal yang menjadi catatan penting yang disampaikan pada saat closing meeting, diantaranya sebagai berikut:

Observasi positif: komitmen manajemen mutu ISO 9001:2008 telah berjalan baik, telah meraih sertifikat dari ombustman terkait pelayanan publik.

Beberapa hal yang disarankan adalah:

Agar rencana pelayanan secara online dan pemberian layanan informasi secara elektronik sebaiknya dimasukkan dalam RENSTRA. Agar jenis pelayanan yang dimasukkan dalam SMM ISO 9001:2008 di perluas hingga meliputi seluruh unit kerja yang ada pada Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat.

Pada saat clossing meeting auditor akhirnya menyampaikan bahwa Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat berhak untuk direkomendasuikan mempertahankan sertifikat ISO 9001:2008 yang dimilikinya mulai Februari 2014 kepada lembaga sertifikasi TÜVRheinland.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat, Hendri Octavia diakhir menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Erfi Ilyas selaku auditor pada Surveillance Audit tahap pertama ini. Dan meminta komitmen seluruh aparatur Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat untuk dapat meningkatkan layanan sektor kehutanan yang ada pada Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat secara konsisten.