DISPORA SUMBAR GELAR ORIENTASI KEDATANGAN PSP3 ANGKATAN XXV

DISPORA SUMBAR GELAR ORIENTASI KEDATANGAN PSP3 ANGKATAN XXV

Berita Utama () 30 September 2015 22:56:50 WIB


PADANG, …Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumbar, yang menangani pelaksanaan program Pemuda Sarjana Pengerak Pembanguna di Pedesaan(PSP3), gelar kegiatan Orientasi kedatangan peserta PSP3 angkatanXXV  tahun 2015 Rabu 30/9 di Hotel Hayam Wuruk Padang, setelah mengikuti orientasi di tingkat pusat, yang digelar di Pusdiklat Cimahi Bandung beberapa waktu lalu.

 

Ketua Pelaksana Kasi Kepemimpinan dan Tenaga Kepemudaan Hendri Budi Utama, mengatakan, tujuan kegiatan ini, agar seluruh peserta PSP3 Sumbar, dapat mematangkan persiapan untuk bekal yang akan diberikan pada pembangunan pedesaan yang dijalaninya nanti. Dikatakan juga  peserta yang berjumlah 37 orang ini akan di tempatkan  masing –masing di Kabupaten Solok dan Kota Padang Panjang.

“ Kita berharap peserta PSP3 ini dapat menjalankan tugas yang diberikan sesuai kontrak selama 1 tahun ini dengan baik dan suskses di desa penempatannya nanti,’’ terang Hendri BU

Sementara itu Plt Sekretaris Dispora Sumbar Ely Ditra yang membuka secara resmi kegiatan tersebut menyampaikan, selamat datang kembali kepada semua peserta yang telah mengikuti orientasi tingkat pusat selama 14 hari, yang dilaksanakan di Pusdiklat Cimahi Bandung, beberapa waktu lalu. Adapun kegiatan yang kita gelar ini,merupakan lanjutan dari orientasi tingkat pusat.

Disampaikan juga, peserta PSP3 adalah pemuda yang mampu untuk mandiri, dan  berkarya untuk diri sendiri serta masyarakat banyak. Tidak akan mungkin suatu negara akan berkembang, kalau pemudanya tidak ada yang kreatif, jadi intinya tidak akan ada yang menentukan masa depan kita, kalau kita sendiri tidak mau merubah masa depan kita tersebut.

Lebih lanjut  Ely Ditra menuturkan, Untuk tahun 2015 ini pendanaan program PSP3, Kementrian Pemuda dan Olahraga ( Kemenpora ) RI telah menyerahkan pengelolaannya pada Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumbar secara penuh. Adapun uang yang akan diberikan nanti antara lain, uang biaya hidup sebesar 3 juta per bulan selama satu tahun. Kemudian  uang rintisan sebesar 20 juta rupiah, yang nantinya akan kita bayarkan melalui tiga termen, dengan syarat yang telah ditentukan.

“ jadi dengan adanya biaya yang kita sediakan ini, hendaknya pemuda khususnya yang ikut dalam program PSP3 ini, dapat menjadi motivator bagi masyarakat pedesaan serta pilar untuk kemajuan desa ,”  kata Ely Ditra ( MUL )