Posyandu Mawar Putih Dinilai

Berita Utama () 09 Mei 2013 08:38:49 WIB


Rombongan yang dipimpin Hj.Zenita Arianti.SH.M.Pd disambut meriah Bupati Agam, H. Indra Catri Dt. Maloko Nan Putiah, Ketua TP PKK Kabupaten bersama sejumlah pemimpin SKPD, Wali Nagari Sungai Tanang, Walijorong dan sejumlah tokoh masyarakat lainnya.

Ketua Tim Penilai Hj.Zenita Arianti.SH.M.Pd pada kesempatan itu mengatakan, penilaian Kader Posyandu berprestasi yang dilakukan merupakan evaluasi pembinaan sekaligus penilaian terhadap Posyandu Mawar Putih.

    Dijelaskannya, Posyandu Mawar Putih sebelumnya telah menyampaikan eksposnya dalam temu kader tingkat provinsi. Hasil penilaian Tim Pokjanal Posyandu Provinsi menetapkan kader Posyandu Mawar Putih masuk dalam nominasi 6 besar tingkat Provinsi Sumatera Barat dalam kategori kabupaten.

Selanjutnya untuk menentukan kader posyandu berprestasi I,II,III dan harapan tingkat provinsi tahun 2013, tim melakukan kunjungan kemasing-masing posyandu guna melihat langsung aktivitas kader dalam penyelenggaraan pelayanan di posyandu serta sejauh mana manfaat posyandu bagi masyarakat.

Tim juga ingin melihat secara langsung dukungan dari instansi terkait dalam melakukan pembinaan bagi posyandu dan penghargaan bagi kader posyandu tsb. Begitu juga dukungan masyarakat terhadap kelangsungan penyelenggaraan posyandu.

Bupati Agam, H. Indra Catri Dt. Maloko Nan Putiah dalam kesempatan itu menyatakan, pihaknya sengaja hadir dalam kegiatan itu untuk memberikan apresiasi kepada Posyandu Mawar Putih, karena posyandu ini sudah berada jalur yang benar,sehingga pantas diperhitungan menjadi juara ditingkat provinsi.

Posyandu yang dipimpin Yarni dinilainya selalu konsisten dengan latar belakang posyandu. Juga konsisten dalam kebijakan yang diambil Pemkab Agam dengan apa yang dilaksanakan dilapangan, misalnya adanya intregrasi antara posyandu dan PAUD, pelatihan berkelanjutan antara kader, kunjungan pembinaan yang rutin. Bahkan posyandu ini telah melebihi target yang ditetapkan Pemkab Agam, akrena selain berintegrasi dengan PAUD juga berdampingan langsung dengan mesjid, pustaka dan MDA.

Bupati juga berharap momentum ini dijadikan sebagai upaya yang tetap mengukuhkan Agam sebagai kabutan sayang anak dan ibu. Ia berharap, hal tsb bisa dijadikan contoh nasional. (203)

Kader Posyandu Mawar Putih Dinilai Provinsi

Yasmen (48) kader Posyandu Mawar Putih Jorong Pandan Nagari Sungai Tanang Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam, di nilai oleh tim Provinsi Sumatera Barat, Senin (6/5). Yasmen akan bersaing dengan lima orang kader terbaik Sumbar lainnya.

Penilaian tersebut di ketuai oleh Zenita Andriyani dan 4 orang anggota BPNPM Provinsi.

Yasmen (48) menjelaskan Posyandu Mawar Putih yang terdiri dari 3 jorong tersebut memiliki sebanyak 15 kader, sudah termasuk dirinya.

Menurut dia, pihaknya mempunyai sejumlah kegiatan seperti imunisasi balita, penimbangan bayi, pemeriksaan ibu hamil dan menyusui, PAUD, posyandu lansia serta pemberian makanan tambahan. PAUD dibuka lima hari dalam sepekan, dengan Sabtu dan Minggu libur.

Selain itu, di katakannya, bahwa kader posyandu Mawar Putih juga memiliki kegiatan tambahan yaitu kelas ibu hamil yang dilaksanakan sekali seminggu.

Ketua Tim penilai provinsi Zenita Andrianti dalam sambutannya mengatakan, menjelaskan kedatangan pihaknya ke lapangan untuk melihat langsung aktivitas kader yang dinilai. Kunjungan ke lapangan ini juga mengecek manfaat posyandu tersebut bagi masyarakat sekitar serta kegiatan-kegiatan yang dilakukan selama ini.

Sementara, Bupati Agam H. Indra Catri, Dt. Malako Nan Putiah menyampaikan kepada tim penilai, bahwa keberadaan posyadu mawar putih adalah tepat dan benar, karena memiliki sarana dan prasarana yang saling berkaitan dan memadai, yakni diantaranya memiliki fasilitas mushalla, pustaka, tempat bermain dan belajar anak.

Bupati berharap, agar momentum ini tetap dijaga dan menjadikan protetik-protetik dalam menjaga posyandu yang benar dan lebih baik agar posyandu Mawar Putih dapat dikenal hingga ketingkat nasional.

Hadir dalam penyambutan tersebut antara lain anggota DPRD Agam, Kepala Dinas Kesehatan Kaupaten Agam Dr. Indra, Kepala BPNPM Agam Welfizar, Ketua TP-PKK Agam Ny. Vita Indra Catri, Camat Dandi Pribadi, Wali Nagari se-kecamatan Banuhampu. (IF/AMC)