Pendakian Gunung

Wisata Alam () 30 Juni 2015 03:45:03 WIB


Bagi para petualang, Sumatera Barat merupakan surge pendakian. Berbagai gunung dan tipe kesulitan dan beragam ketinggian serta ragam hutan tropis alami tersedia disini. Beberapa gunung yang menjadi tujuan umum masyarakat yaitu, Gunung Merapi,gunung Singgalang, Gunung Tandikek, Gunug Talamau, Gunung Sago dan puluhan Gunung lainnya.

Selain topografi pendakian yang beragam, setiap gunung di Sumatera Barat memiliki ciri khas tersendiri. Contoh saja Gunung api aktif Gunung Marapi, memiliki kawasan cadas yang tidak begitu terjal. Namun pada puncak Gunung terdapat kawasan luas seluas lapangan bola kaki, sehinga kawasan puncak Gunung Merapi sering disebut lapangan bola. Pada derah tersebut bisa didirikan tenda berkemah dan sering dipergunakan sebagai kawasan Upacara Tujuhbelas Agustus atupun kegiatan pendaki lainnya. Pada Kawasan puncak Gunung Merapi juga terdapat puncak Merpati yang mengitari kawah aktif.

Beda sedikit jika anda ingin pendakian dihutan basah maka petualangan ini akan ditemukan di Gunung Singgalang. Gunung yang memiliki dua telaga besar dipuncaknya, akan memberikan efek basah bagi pendaki. Para Parimbo (petualang) tidak perlu takut kekurangan air, dikawasan puncak dan sepanjang pendakian tersedia air bersih dan alami dan dapat diminum secara langsung.

Gunung Talamau, di Kabupaten Pasaman Barat memiliki keunikan tersendiri. Padang Savana yang luas dan sangat terkenal dengan sebutan “Padang Siranjano” dan jalur pendakian yang landai dihiasi hutan alami yang bersih, Menjadikan Gunung Talamau patut dicoba.(*)