Gubernur Melepas Mahasiswa KKN-PPM

Pemerintah () 20 Mei 2015 07:27:45 WIB


Program KKN-PPM melatih mahasiswa menerapkan ilmu yang dimilikinya kepada masyarakat atau proses alih teknologi sehingga diharapkan terjadinya perubahan pengetahuan , keterampilan dan sikap masyarakat agar mau dan mampu mengidentifikasi sekaligus memecahkan masalah yang dihadapi, sehingga ilmu yang dipunyai tidak hanya berguna untuk diri kita sendiri tetapi juga bermanfaat bagi masyarakat  luas terutama masyarakat di Nagari/Kelurahan, ucap Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dalam Acara Serah Terima sekaligus Pelepasan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Perguruan Tinggi se Sumatera Barat Tahun 2015.

Acara yang berlangsung pada tanggal 19 Mei 2015 ini bertempat di Auditorium UNAND dan diikuti oleh 9 (sembilan) Perguruan Tinggi dengan jumlah mahasiswa 9.172 orang yang berlokasi di 12 (dua belas) Kabupaten dan 4 (empat) Kota se Sumatera Barat. Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan pengabdian kepada masyarakat oleh Mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu. Kuliah Kerja Nyata adalah kegiatan perkuliahan  dan kerja lapangan dengan pengintegrasian pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepadda masyarakat oleh mahasiswa secara pragmatis dan berdimensi luas melalui pendekatan inter-disipliner, komprehensif, dan lintas sektoral.

Lebih lanjut Gubernur mengatakan bahwa mahasiswa harus bijak dalam mengoptimalkan potensi yang ada di nagari/desa/kelurahan seperti lahan tidur atau terlantar serta tenaga produktif yang dapat digerakkan. Untuk itu perlu mengidentifikasi akar permasalahan yang dihadapi agar dapat merumuskan dan melakukan upaya pemecahannya.