Pertama Kali Wagub Buka Porsis Cup IX 2015

Berita Utama () 19 April 2015 08:27:15 WIB


Pasaman Barat, Wakil Gubernur Muslim Kasim membuka secara resmi turnamen Bola kaki anak nagari Jorong Simpang, Nagari Parik, Kecamatan Koto Balingka, Kabupaten Pasaman Barat, Jum'at sore (17/4). Turut hadir dalam kesempatan tersebut Anggota DPR RI Agus Susanto, Anggota DPRD Zulkenedi Said, Kadis Pemuda Olahraga Pasbar, Walinagari dan beberapa tokoh masyarakat Jorong Simpang.

Turnamen Porsis Cup merupakan kegiatan pesta olahraga anak nagari Jorong Simpang yang dilakukan secara swadaya masyarakat disekitarnya. Kegiatan turnamen ini telah dimulai sejak tahun 2005. Kegiatan ini murni merupakan gagasan masyarakat yang tumbuh karena keinginan pemudanya dan masyarakat yang ingin mamajukan olahraga sepak bola di daerahnya.

Lapangan yang cukup bagus, walau prasarana yang masih kurang terletak di tengah kebun sawit yang hijau, tampak masyarakat terlihat cukup antusias dan gembira dengan kegiatan ini. Turnamen Porsis Cup ini juga diikuti oleh 32 club, 16 club yang ada di Pasaman Barat, dan 16 club lain dari luar Pasbar, termasuk dari Kota Padang, Padang Sidempuan, Bukittinggi, Dhamasraya dan lain-lain.

Ada sesuatu yang cukup menarik untuk diperhatian dengan kegiatan turnamen yang setiap tahun di gelar ini, masyarakat memberikan kotribusinya secara suka rela dan tumbuhnya sebuah rasa kebanggaan dan kecintaan terhadap kampuang serta terbangunya pula rasa kebersamaan memajukan pembangunan di daerah.

Wakil Gubernur Muslim Kasim, merupakan tokoh pejabat pemerintah provinsi yang pertama kali datang ke daerah ini mendapat sambutan hangat dan meriah. Jorong Simpang yang juga merupakan daerah perbatasan dengan provinsi tetangga Sumatera Utara ini, memperlihatkan keberagaman masyarakatnya.

“kita patut memberikan apresiasi yang tinggi kepada anak-anak muda nagari Jorong Simpang yang mampu menyelenggarakan Turnamen sebesar ini di kampung yang masih jauh dari fasilatas kehidupan yang baik. Kita bangga dan salut akan semangat ini, semoga di lapangan ini akan lahir bibit-bibit pemain pesepak bola yang mampu mengharumkan nama daerah, baik nasional maupun internasional. Ungkap Wakil Gubernur Muslim Kasim

Kata, Muslim Kasim, pemerintah dimasa datang mesti memperhatikan pengembangan pembangunan sarana dan prasarana lapangan ini semacam studion mini di nagari, agar menjadi lebih baik dan dapat pula menjadi kebanggaan bersama di daerah ini. Hanya dibutuhkan lebih kurang anggaran lebih kurang 1,5 Miliar, lapangan mini  ini akan tercipta dengan sarana dan prasarana yang baik.

“Sesuatu yang wajar dan patut kita pikiran bagaimana disetiap nagari di Sumatera Barat ini memiliki sebuah lapangan sepakbola yang baik, sehingga pembangunan masyarakat dan pemuda, anak nagari akan lebih produktif dan inovatif dengan prestasi” ujar Wagub.

Turnamen Posis Cup IX ini, memperebutkan hadiah, juara I Rp. 15 juta tambah tropy, Juara II Rp. 10 Juta tambah Tropy, pemenangan Top Score, pemain terbaik.

( Humas Sumbar )