Gubernur Undang Budayawan dan Seniman

Berita Utama Yongki Salmeno(Yongki Salmeno) 15 April 2015 01:14:55 WIB


PADANG – Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengundang budayawan dan seniman Sumatera Barat untuk memberikan usulan dan masukan terhadap rencana kelanjutan pembangunan Gedung Pusat Kebudayaan Sumatera Barat. Pertemuan yang didahului dengan acara malam malam bersama itu diadakan di ruang rapat gubernuran jalan Sudirman Padang, Selasa (14/04/2015).

Menurut Gubernur Sumbar Irwan Prayitno usulan dan masukan ini sangat penting, agar nantinya  Gedung Pusat Kebudayaan Sumatera Barat ini benar-benar aspiratif dan sesuai dengan kebutuhan seniman dan budayawan. Pertemuan dihadiri oleh sekitar 50 seniman dan budayawan, diantaranya Alwi Karmena, Darman Munir, Hasnam Rasyid, Eko Yanche Endrie, Ayid Rosidi dan sejumlah seniman lainnya meliputi teater, musik dan lain-lain.

Dari diskusi yang berkembang ternyata memang banyak masukan dari masing-masing kelompok seniman. Kebutuhan seni tari berbeda dengan kebutuhan teater, musik dan seni lukis. Untuk itu bangunan ini akan didisain bervariasi nantinya, sehingga sesuai dengan kebutuhan masing-masing komponen.

Menurut meski rapat hari itu telah selesai, namun menurut Gubernur Irwan Prayitno hingga satu bulan ke depan masih ditunggu masukan dan usulan dari seniman dan budayawan. Karena pada tahap awal ini pekerjaan baru berupa rancangan global. Seteah itu disain final dan pembangunannya berlanjut konsep disain yang telah final tersebut.