Sumbar Bakal Punya Gedung Budaya Megah

Berita Utama () 10 April 2015 15:09:20 WIB


Padang, Sumatera Barat yang kaya dengan adat dan budaya perlu kita lestarikan. Untuk membina dan mengembangkan budaya, khusunya Budaya Minangkabau perlu disediakan Prasarana Gedung yang representative untuk penggunaan kini dan masa depan.

Kepedulian Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dengan adat dan budaya di tunjukan dengan meresmikan ground breaking gedung pusat kebudayaan Sumbar oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno didampingi Wakil Gubernur Sumbar Muslim Kasim beserta Forkopimda Provinsi Sumatera Barat, Jumat (10/4).

Gedung budaya ini terletak di Kawasan Wisata Terpadu Gunung Padang. Pembangunan Gedung Budaya juga dilengkapi dengan lapangan parkir yang luas, dengan taman yang indah. 

Disamping tempat kebudayaan, Gedung ini juga berfungi sebagai shelter untuk evakuasi jika terjadi bencana gempa/tsunami. Selain itu gedung juga dilengkapi dengan fasilitas penunjang sesuai fungsi serta aksesbilitas.

“Jadi kita bangun Gedung Budaya ini secara utuh sesuai dengan fungsi yang diharapkan, sebagian gedung lama masih dapat kita fungsikan sementara sedangkan proses pembongkaran/penghapusan bangunan lama dan pembangunan baru dilakukan secara bertahap” ungkap Irwan Prayitno.

Dijelaskan Gubernur Arsitektur pada Gedung Budaya dibagi menjadi 3 bagian, Arsitektur Tradisional, Modern dan Post modern. Pada arsitektur post modern merupakan perwujudan seperti kapal yang siap berlayar mengarungi samudra, bangunan utama sebagai center point merupakan perpaduan bentuk atap gonjong dengan kubah masjid, sebagai simbol masyarakat Minang yang religius.

Kita rencanakan pada bangunan gedung Budaya ini, adanya kantor pengelola, perpustakaan, ruang latihan/workshop tari, workshop drama/sandiwara/puisi, workshop musik, ruang seminar/diskusi, auditorium, gallery, ruang pameran/umum, dan Cineplex. Sedangkan untuk fasilitas penunjang akan dibangun Lobby/Receptionist/ Informasi, Masjid/Mushola, Restoran/Café, Fitness Centre, Music room, Pusat Oleh-Oleh, Medan Bapaneh, Play Ground, toilet, Security dan parkir.

“Insya Allah pembangunan Gedung budaya ini segera terealisasikan sehingga akan semakin memajukan perkembangan Sumatera Barat kedepannya”. Ujar IP.

Sebagai simbolis persemian dari Ground Breaking ini, dilakukan pemencetan tombol secara serentak oleh Gubernur, Wakil Gubernur dan didampingi forkopimda Sumatera Barat, Wakil Walikota Padang Emzalmi. Dan dilanjutkan pemancangan beton perdana.

(Humas Sumbar)