Tanam Padi Perdana menuju Swasembada Pangan

Berita Utama RASMUNALDI, ST(Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan) 29 Januari 2015 14:07:23 WIB


Dalam rangka HUT Korem 032 Wirabraja yang ke 30 tahun 2015 Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan Komadan Resor Militer 032 Wirabraja , Brigadir Jenderal Widagdo Hendro S

melakukan Tanam Padi Perdana Dalam Rangka Mendukung Provinsi Sumatera Barat Swasembada Pangan di Kasai Nagari Kasang Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman, 29 Januari 2015. Acara dihadiri oleh Wagub, Kapolda, Bupati Padang Pariaman dan Wawako Pariaman, Kepala Dinas dan Badan Provinsi Sumbar, Dirut Bank Nagari dan Bank Indonesia, Akademisi dan JKM4 Sumbar. Acara ini juga dilakukan serentak di sepuluh kodim di Sumbar.
Dalam sambutannya Irwan Prayitno menyampaikan atas nama masyarakat dan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, Selamat Ulang Tahun ke-30 Komando Resor Militer 032 Wirabraja. Pada usia yang ke-30 ini semoga TNI semakin maju dan dekat dengan rakyat. Ia juga sampaikan," pada hari yang berbahagia ini kita dapat menyaksikan kedekatan TNI dengan rakyat melalui dukungannya dalam mewujudkan swasembada pangan; Swasembada pangan merupakan salah satu unsur perekat keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), karena sejarah mencatat bahwa banyak negara yang hancur karena persoalan krisis pangan".
Sumatera Barat merupakan salah satu dari 12 provinsi penyangga produksi padi nasional dan Menteri Pertanian telah mengamanatkan untuk meningkatkan produksi padi yang ditergetkan 3 juta ton. Produksi padi Sumatera Barat saat ini berdasarkan angka ramalan II (Aram II 2014) sudah mendekati 2,5 juta ton gabah kering giling (GKG).