10 Tips Buat Anda yang Akan Naik Pesawat Untuk Pertama Kali

Artikel Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika(Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika) 08 Desember 2014 14:04:04 WIB


Naik pesawat sekarang ini tidak lagi merupakan hal langka. Setiap orang dimanapun dan kapanpun selagi punya kocek untuk melakukan perjalanan, tentu akan sering memilih naik pesawat sebagai sarana trasnportasinya. Namun, bagi kamu yang memang baru pertama kali akan menggunakan pesawat jangan khawatir atau panik. Berikut langkah-langkah yang perlu kamu lakukan:

1. Bersikap rileks dan santai saja, jangan terlalu panik karena ketidaktahuan kamu. Rumus jitunya, patuhilah kata pepatah, “Malu bertanya sesat di Jalan”. Maka dari itu, banyak bertanya, tak jadi masalah. Toh, kamu tidak harus membayar pajak karena bertanya bukan?

2. Ketika hendak masuk ke ruang check-in biasanya kamu akan mendapati petugas yang akan memeriksa tiket, berikanlah tiket kamu kepadanya hingga ia selesai memeriksa.

3. Setelah itu masuklah. Sebelum kamu check-in, kamu terlebih dahulu harus melewati security check. Letakkan semua barang kamu termasuk tas ke alat detector tersebut. Biasanya HP diletakkan pada keranjang kecil yang telah disediakan.

4. Selanjutnya, kamu akan melewati pemeriksaan melalui pintu detector. Umumnya ini dilakukan sebagai antisipasi barang-barang yang dilarang. Maklum, saat ini, banyak sekali kasus-kasus penyelundupan narkoba, senjata api dan hal lain yang dilarang. Oya, disarankan, jangan membawa gunting, pemantik api, pisau cater dll. Meski terlihat sepele, barang ini terbukti disita ketika melewati bandara. Satu hal lain, ketika membawa cairan misalnya madu asli, sebaiknya kamu menyisakan ruang seperempat pada botol. Berdasarkan pengalaman, ketika pesawat terbang pada ketinggian tertentu, cairang tersebut akan meluap. Alih-alih menikmati madu, kamu justru bisa kehilangan madu kamu.

5. Setelah selesai, kamu biasanya akan menemui para pengepak barang. Mereka akan menawarkan jasa untuk mengepak barang kamu agar Aman. kamu bisa saja tidak menggunakan jasa itu jika dirasa barang bawaan kamu aman. Namun sebagai bentuk penjagaan, tidak ada salahnya juga menggunakan jasa itu agar nyaman.

6. Sembari membawa barang bawaan kamu. kamu sebaiknya berbaris rapi dan antri menunggu giliran check-in. jangan lupa membawa KTP sebagai identitas diri.

7. Lakukan check-in dengan menyerahkan tiket dan KTP sembari menimbang barang bawaan kamu yang akan masuk bagasi pesawat. kamu akan mendapatkan tiket boarding.

8. Setelah selesai, bayarlah tax pay sebagai pajak penerbangan domestic / inetrnasional ditempat yang telah disediakan. Tiap bandara jumlah nominalnya akan berbeda beda.

9. Selanjutnya masuklah keruang tunggu dengan melakukan check security dan menyerahkan tiket boarding kamu.

10. Setelah selesai duduk dan tunggulah waktu boarding untuk naik pesawat.

Semoga sediit tips di atas bermanfaat bagi kamu yang pertama kali hendak naik pesawat

Sumber:Katalaya magazine