Upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-50 Provinsi Sumatera Barat

Berita Utama Indra, S.Kom(Dinas Kesehatan) 18 November 2014 07:04:47 WIB


upacaraPeringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Tahun 2014 merupakan peringatan emas HKN yang ke-50, hal ini menujunkan telah setengah abad perjalanan pembangunan kesehatan bangsa Indonesia dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia. “Sehat Bangsaku Sehat Negeriku” sebagai HKN Ke-50 Tahun 2014 bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa menjaga diri tetap sehat adalah jauh lebih baik daripada mencari pengobatan saat keadaan penyakit sudah berkembang, selanjutnya diharapkan dapat membangkitkan komitmen masyarakat Indonesia agar mengedepankan semangat Preventif Promotif dalam mewujudkan bangsa yang sehat. Hidup sehat adalah pilihan, tetapi pelaksanaanya sangat dipengaruhi oleh keluarga, pengaruh sosial, dan lingkungan.Upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-50 di Provinsi Sumatera Barat dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 13 November 2014 yang bertemakan "SEHAT BANGSAKU SEHAT NEGERIKU”. Upacara ini dipimpin langsung oleh Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Bapak Prof. Ir. Irwan Prayitno di Lapangan Imam Bonjol Padang.

Upacara ini dihadiri oleh:

  1. Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat
  2. Walikota Padang
  3. Direktur Rumah Sakit (RSUD, RSU Provinsi, RS Vertikal, RS TNI dan POLRI, dan RS Swasta)
  4. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat
  5. Kesehatan Swasta dan Dekan Fakultas Kesehatan se-Sumatera Barat
  6. Poltekes se-Sumatera Barat
  7. SKPD Provinsi Sumatera
  8. Organisasi Profesi

 Pada upacara ini Bapak Gubernur Provinsi Sumbar juga  membacakan “Sambutan Menteri Kesehatan Republik Indonesia pada Peringatan Hari Kesehatan Nasional “Emas” 12 November 2014” yang berisi ucapan Selamat Hari Kesehatan Nasional ke-50 kepada segenap jajaran kesehatan, para pemangku kepentingan, mitra kesehatan, dan seluruh elemen masyarakat sebangsa dan setanah air. Dalam sambutan ini, juga disebutkan agenda pembangunan kesehatan tahun 2015-2019  adalah mewujudkan akses dan mutu pelayanan kesehatan yang semakin mantap. Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan kebersamaan pemahaman semua pemangku kepentingan, komitmen yang kuat, dan kepemimpinan yang konsisten baik di tingkat nasional maupun di tingkat daerah, karena pembangunan kesehatan adalah upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen.

Kementrian Kesehatan menyambut baik dan mengapresiasi beberapa Pemerintah Kabupaten/Kota serta Provinsi yang telah menyediakan 10% anggaran pembangunannya untuk kesehatan, membuat peraturan daerah untuk Kawasan Tanpa Asap Rokok, memberikan insentif bagi tenaga kesehatan dari dana APBD-nya, membangun fasilitas pelayanan kesehatan khususnya Puskesmas di daerah-daerah tertentu, serta terus-menerus meningkatkan kompetensi petugas kesehatan agar dapat memberikan pelayanan yang lebih baik bagi masyarakat. Peringatan Hari Kesehatan Nasional Emas ini harus kita manfaatkan untuk meningkatkan tekad dan semangat untuk lebih memberi makna pada masyarakat akan pentingnya kesehatan.

Pada kesempatan ini, Bapak Gubernur Provinsi Sumatera Barat juga memberikan piagam dan hadiah kepada Puskesmas Berprestasi:

  1.   Juara I  Puskesmas Tanjung Pati Kabupaten Lima Puluh Kota
  2. Juara II Puskesmas Batu Kambing Kabupaten Agam
  3. Juara III Puskesmas KTK Kota Solok
  4. Harapan I Puskesmas Batipuh II Kabupaten Tanah Datar
  5. Harapan II Puskesmas Abai Kabupaten  Solok Selatan
  6. Harapan III Puskesmas Talang Kota Solok

Piagam dan hadiah juga diberikan kepada Tenaga Kesehatan Teladan (1) Tenaga Medis, (2) Tenaga Keperawatan, (3) Tenaga Kesehatan Masyarakat, dan (4) Tenaga Gizi.

Pada hari Minggu tanggal 16 November 2014 bertempat di Lapangan Imam Bonjol Padang akan dilaksanakan Senam Sehat Bersama secara Nasional untuk memecahkan Rekor Muri dan komitmen tidak merokok yang ditandai dengan  cap tangan peserta. Acara ini dihadiri oleh kurang lebih 3500 orang, dan diakhiri dengan pengundian doorprise dengan hadiah menarik.