Peresmian Gedung Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat

Berita Utama ROMI ZULFI YANDRA, S.Kom(Dinas Kearsipan dan Perpustakaan) 30 Oktober 2014 09:15:54 WIB


Padang, 30 Oktober 2014 Gedung Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat resmi dipergunakan setelah roboh pasca Gempa 30 September 2009 atau 5 tahun yang lalu. Gedung ini dibangun dengan mempergunakan dana pembangunan gedung pasca gempa yang sebelumnya sudah diibangun gedung Dinas PU dan Tarkim di dekat Kampus Universitas Taman Siswa, Gedung Balai Pengairan, Bangunan Sekolah-Sekolah yang ada di Sumatera Barat, dan rumah penduduk

.

Gedung ini berlantaikan 3 yang terdiri dari beberapa ruang layanan yang dapat dipergunakan oleh masyarakat baik para anak usia dini, murid SD, Siswa SMP, SMA Mahasiswa dan umum (karyawan, pegawai dll).

Peresmian gedung ini dihadiri oleh Kepala Perpustakaan Nasional, Arsip Nasional, Gubernur Sumatera Barat, Ketua DPRD, Muspida, Perusahaan Swasta, BUMN, Perguruan Tinggi, Sekolah-Sekolah, Penerbit, dan Ibuk Ana Zainal Bakar, serta Bapak Afif Hamka (anak buya Hamka).

Pada kesempatan ini banyak rangkaian kegiatan yang dilaksanakan yaitu

  1. Pengukuhan Dewan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat,
  2. Pemberian Pin Emas kepada Bapak Zainal Bakar (mantan Gubernur Sumatera Barat yang diwakili oleh Ibuk Ana) dan Buya Hamka (yanng diwakili oleh Bapak Afif Hamka)
  3. Road Show
  4. Penandatangan Prasasti Peresmian Gedung Perpustakaan

 

Dalam sambutannya Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menyampaikan bahwa gemar membaca harus ditingkatkan sesuai dengan motto dari kabinet sekarang kabinet bekerja yaitu bekerja, bekerja, bekerja kalau pustaka membaca, membaca, membaca sehingga gemar membaca menjadi budaya kita dimana setiap saat kita harus membaca sehingga banyak dapat kita peroleh diantaranya  ilmu pengetahuan dan informasi.