TEMU BISNIS DAN INVESTASI TAHUN 2014

Berita Utama NONONG HANUGRAH, A.Md(Dinas Kelautan dan Perikanan) 29 September 2014 02:26:02 WIB


 

TEMU BISNIS DAN INVESTASI TAHUN 2014

Sumatera Barat memiliki sumberdaya kelautan dan perikanan yang cukup besar maupun sumberdaya manusia yang berpotensi untuk dikembangkan. Dengan panjang garis pantai yang mencapai 1973,24 Km dan luas perairan 186.580 Km2 namun dengan tingkat pemanfaatan sumberdaya yang masih belum optimal membuat peluang pengembangan sektor kelautan dan perikanan cukup menjanjikan di Sumatera Barat. Dengan semakin meningkatnya permintaan akan produk hasil perikanan baik dalam dan luar negeri serta ditunjang oleh ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai di Provinsi Sumatera Barat, maka kegiatan Temu Bisnis Investasi Sektor Kelautan dan Perikanan diharapkan mampu mendorong investor untuk menanamkan investasinya di Sumatera Barat. Acara Temu Bisnis dan Investasi Sektor Kelautan dan Perikanan Sumatera Barat tahun 2014 kali ini bertema : Pengembangan Investasi dan Peluang Usaha Sektor Kelautan dan Perikanan Untuk Menunjang Industrialisasi dan Mensejahterakan Masyarakat Sumatera Barat dengan tujuan :

1. Mempromosikan potensi dan peluang investasi sektor Kelautan dan Perikanan Sumatera Barat.

2. Menarik investor sektor Kelautan dan Perikanan baik dalam maupun luar negeri untuk berinvestasi di Sumatera Barat.

3. Fasilitasi pelaku usaha kelautan dan perikanan Sumatera Barat dengan pengusaha/ investor Nasional dalam menjalin kemitraan bisnis perikanan

4. Menggiatkan pembangunan sektor Kelautan dan Perikanan di Sumatera Barat yang pada gilirannya akan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Acara ini diikuti oleh peserta yang berasal dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat yang terdiri dari Dinas Kelautan dan Perikanan, BKPMP, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Koperasi dan UKM; Kementerian Kelautan Dan Perikanan, BKPM Pusat, Pelabuhan Perikanan Samudera Bungus, Stasiun Karantina Ikan Padang, Dinas Kelautan dan Perikanan Kab/Kota di Sumatera Barat, Perusahaan Perikanan di Sumatera Barat, Pengusaha dan Perantau Minang di Jakarta, Asosiasi dan Pengusaha Perikanan di Jakarta, serta Mass Media.

Pemerintah Sumatera Barat dalam hal ini Dinas Kelautan dan perikanan akan terus konsisten dalam upaya meningkatkan pembangunan sektor Kelautan dan Perikanan baik berupa kebijakan dan insentif yang mendorong terciptanya iklim investasi yang kondusif, serta program - program yang mendorong masuknya investor serta permodalan dari lembaga-lembaga keuangan dan perbankan untuk meningkatkan laju pertumbuhan sektor Kelautan dan Perikanan.

Pelaksanaan acara Temu Bisnis dan Investasi sektor Kelautan dan Perikanan yang dilaksanakan di Hotel Balairung, Jakarta pada tanggal 17 September 2014 ini adalah untuk yang ketiga kalinya disamping telah mempromosikan potensi Sektor Kelautan dan Perikanan Sumatera Barat juga telah membuat terobosan berupa terbukanya akses permodalan dari LPDB bagi usaha perikanan di Sumatera Barat khususnya budidaya kerapu. Dengan adanya bantuan permodalan ini yang pada tahap awal nilainya adalah sebesar Rp. 3 milyar rupiah yang diberikan kepada CV. Andalas samudera Sejati (ASS) diharapkan mampu mendorong peningkatan produksi dan dapat memenuhi permintaan pasar.