Gubernur Resmikan Produk Layanan Baru Samsat Sumbar

Berita Utama () 22 September 2014 07:32:25 WIB


medium 220914103006 resmikan layanan unggulan samsat

 

Padang, (DPKD Prov Sumbar) - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno meresmikan program layanan unggulan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Sumatera Barat di halaman kantor Samsat Kota Padang, Senin.

Sistem unggulan tersebut berupa Samsat Drive Thru, info pajak melalui SMS, info pajak melalui kios dan info pajak kendaraan bermotor melalui website.

Irwan Prayitno mengatakan, perkembangan teknologi informasi memberikan ruang yang lebih luas kepada pelayan publik untuk meningkatkan kualitas pelayanannya melalui produk-produk baru.

"Produk yang diluncurkan oleh Samsat ini harus menjadi pendorong untuk memberikan pelayanan yang lebih prima kepada masyarakat," kata dia.

Menurut dia, produk pelayanan yang diluncurkan oleh Samsat saat ini sudah sangat membantu masyarakat dalam hal membayar pajak kendaraan bermotor. Namun hal itu tidak menjadi alasan bagi Samsat untuk menghentikan inovasi dalam memunculkan produk-produk layanan kepada masyarakat.

"Banyak kemungkinan yang bisa dilakukan dengan adanya dukungan tekhnologi informasi yang baik,"kata dia.

Kapolda Sumbar, Brigjen Pol Bambang Sri Herwanto dalam kesempatan yang sama juga mengingatkan agar petugas di Samsat Padang untuk bisa memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat pembayar pajak, karena menurut dia masyarakat sangat menginginkan pelayanan prima yang cepat, mudah dan murah.

"Memang menjadi dilema bagi kita sebagai petugas kepolisian yang telah berkerja keras dari pagi hingga sore, tetapi masih saja dituntut untuk memberikan pelayanan lebih kepada masyarakat. Secara psikologis ini bukan hal mudah, tetapi harus kita lakukan," kata dia.

Lebih lanjut, Kapolda mengatakan sebagai salah satu institusi yang memberikan PAD terbesar kepada Pemprov Sumbar, seharusnya Samsat di seluruh wilayah di Sumbar juga mendapatkan perhatian lebih dari Pemprov Sumbar, terutama terkait peningkatan kualitas peralatan pelayanan.

"Gubernur dan Ketua DPRD yang kebetulan datang saat ini harusnya memberikan dukungan penuh teruama dalam hal anggaran untuk meningkatkan kinerja petugas di Samsat,"kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah (DPKD) Provinsi Sumatera Barat, Zainuddin mengatakan produk unggulan Samsat ini secara bertahap akan diterapkan di seluruh Samsat di Sumatera Barat.

Saat ini untuk layanan Drive Thru baru untuk Samsat Kota Padang dan Kota Bukittinggi, sementara info pajak melalui kios baru dilaksanakan di tujuh daerah di Sumbar.

Untuk layanan info pajak melalui SMS menurut dia, cukup dengan menulis SMS, pkb#no_polisi kemudian dikirim ke 08116941555. Secara otomatis SMS itu akan dibalas dengan informasi tentang pajak kendaraan.

Sedangkan untuk website, wajib pajak bisa mengakses dpkd.sumbarprov.go.id/info-pkb.html untuk melihat informasi tentang pajak kendaraan.

"Kita akan terus memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat," kata dia.

Ikut hadir dalam peresmian itu, Ketua DPRD Sumbar Hendra Irwan Rahim, perwakilan Danrem, Perwakilan Pengadilan Tinggi, Jasa Raharja dan sejumlah kepala SKPD.