PAMERAN INDONESIA FASHION AND CRAFT 2014. DARI TANGGAL 27 S/D 31 AGUSTUS 2014 DI JAKARTA COVENTION CENTER

Industri dan Perdagangan BUDI SETIAWAN, ST, M.Si(Dinas Perindustrian dan Perdagangan) 21 September 2014 14:31:14 WIB


PAMERAN INDONESIA FASHION AND CRAFT 2014.

DARI TANGGAL 27 S/D 31 AGUSTUS 2014 DI JAKARTA COVENTION CENTER

 

Produk Industri Kerajinan Tekstil Sulaman/tenun Sumatera Barat tumbuh dan berkembang menyebar dihampir seluruh daerah, dan telah menjadi sumber pendapatan dari banyak masyarakat, terutama yang berada pada sentra-sentra industri kerajinan tersebut.

Industri Kerajinan sulaman , bordiran dan tenun selama ini mempunyai pasar tersendiri ditengah masyarakat tertentu baik yang ada didaerah Sumatera Barat maupun yang berasal dari luar Sumatera Barat maupun luar negeri, segmen pasar tradisonal tersebut tentu sangat terbatas, oleh karena itu untuk pengembangan pasar industri kerajinan seperti sulaman/bordiran dan tenun atau songket dilakukan dengan meningkatkan promosi terhadap produk yang dihasilkan.

Mempromosikan dan memasarkan produk Industri Sumatera Barat khususnya Industri Kecil dan Menengah merupakan salah satu pembinaan yang dilaksanakan oleh Unit Pelayanan Teknis Daerah ( UPTD ) Promosi dan Pemasaran Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Barat terhadap IKM yang ada di Sumatera Barat. Untuk itu UTD Balai Promosi dan Pemasaran Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Barat ikut berpartisipasi pada Pameran-pameran yang dapat memberikan peluang untuk meperkenalkan dan mempromosikan Produk IKM yang dianggap mampu bersaing dipasar Nasional maupun Itersnational. Salah satu Pameran tersebut adalah Indonesi Fashion and Craft 2014. Pameran Fashion dan Craft merupakan Pameran yang dirancang khusus tidak saja menampilkan produk-produk Fashion dan Craft yang dihasilkan oleh produsen besar, menengah kecil, tetapi juga menampilkan karya-karya besar dan fenomenal dari para perancang busana Indonesia, serta diikuti pula oleh lembaga-lembaga penpendidikan rancang busana, modeling dan tata rias sehingga memberikan gambaran yang lebih lengkap tentang potensi pengembangan bisnis Fashion dan Craft. Pada Pameran Indonesia Fahasion and Craft 2014 ini Dinas perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Barat memfasilitasi Pengrajin/Industri Kecil dan menengah yang menghasilkan Produk Sulaman, Bordiran dan Tenun serta kerajinan lainya ikut pada Pemeran tersebut.

Untuk menentukan IKM yang akan mengikuti Pameran Indonesia Fashion and Craft ini terlebih dahulu dilakukan beberapa langkah antara lain :

  1. 1.Mengadakan koordinasi dengan Kabupaten/Kota dan Bidang Industri Non Agro Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Barat
  2. 2.Melakukan Identifikasi Produk IKM yang akan diikutkan dengan persyaratanberikut :

-     Tampilan produk cukup menarik,

-     Berproduksi secara kontinyu,

-     Merupakan produk fashion unggulan.

Adapun produk – produk yang ditampilkan pada Kegiatan Pameran tersebut adalah :

v Gebaya Incim

v Songket dengan sulaman

v Bahan Sulaman

v Sulaman Kapalo Paniti.

v Sulam Timbul.

v Kerancang.

v Sulaman Terawang.

v Baju Kalong bersulam

v Rendo

v Jilbab sulam

v Mukenah kerancang

v Pin Jilbab

v Baju Butig

v Selendang Kota Gadang

v Mukenah

 

Pameran Indonesia Fashion and Craft tahun 2014 dilaksanakan di Jakarta Convetion Center Jakarta pada tanggal 27 s/d 31 Agustus 2014, pameran dibuka setiap hari dari jam 10.00 – 21.00 Wib.

Transaksi jual beli langsung pada pameran ini selama 5 ( lima ) hari pameran berjumlah Rp. 120.000.000,- ( Seratus dua puluh juta rupiah ) jumlah ini cukup memuaskan karena Pameran ini dihadiri oleh pengunjung Potensial untuk membeli baik untuk pribai maupun untuk dijual kembali. Selain dari transaksi langsung juga terjadi beberapa pesanan terutama untuk produk Sulaman, Bordir dan Songket/tenun selendang Koto gadang, Baju Gebaya Incim, Taplak Meja terawang.