Marine and Fisheries Expo and Conference 2014 (MFEC) di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan

Berita Utama NONONG HANUGRAH, A.Md(Dinas Kelautan dan Perikanan) 19 September 2014 02:48:04 WIB


 

Pembukaan oleh Menteri KKP


Marine and Fisheries Expo and Conference 2014 (MFEC) di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan

Sebagai salah satu upaya mendorong investasi di sektor kelautan dan perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan menggelar pameran terpadu sektor kelautan dan perikanan atau Marine and Fisheries Expo and Conference (MFEC) terbesar di Indonesia yang dibuka secara langsung oleh Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Sharif C. Sutardjo . Pameran kali ini mengusung tema Fisheries for Food Security digelar sebagai upaya dalam pengarusutamaan (mainstreaming) sektor kelautan dan perikanan sehingga berkontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Pameran dan promosi yang dilakukan kali ini bertujuan untuk menginformasikan produk, jasa, teknologi, hasil-hasil pembangunan, peluang usaha dan investasi sektor kelautan dan perikanan kepada masyarakat luas, sekaligus memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-69 tahun 2014. Diperkirakan, ajang bergengsi ini dihadiri oleh 10.000 orang pengunjung. Adapun peserta yang turut hadir berasal dari Pemerintah pusat dan daerah, pelaku usaha, akademisi, lembaga swadaya masyarakat di sektor kelautan dan perikanan beserta pendukungnya termasuk Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia.

Kegiatan pameran ini terdiri dari Indonesia Aquaculture Expo and Seminar (Indo Aqua), Indonesia Pearl Festival (IPF), Indonesia Seafood Expo (ISE), Indonesian Ornamental Fish Non Edible Product Expo (INOFEX), Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Nasional ke-12, serta Business Conference sektor kelautan dan perikanan.

Lomba masak kali ini diikuti oleh 34 peserta yang berasal dari 34 Provinsi seluruh Indonesia termasuk Sumatera Barat. Lomba masak serba ikan tingkat Nasional ke 12 dibuka oleh Ibu Ingrid Mutiara Sutardjo dan Ketua Umum Tim Penggerak PKK Pusat Ny. Vita Gamawan Fauzi dengan mengambil tema " Melalui Lomba Masak Serba Ikan Ikan Tingkat Nasional, Kita dukung Keberhasilan Industrialisasi Patin". Dan sesuai dengan tema, maka bahan baku yang disiapkan oleh panitia adalah ikan patin. Tema ini dipilih karena saat ini produksi Ikan Patin di Indonesia sangat berlimpah, dan dengan adanya lomba masak ini diharapkan terciptanya menu-menu baru berbahan baku patin yang pada akhirnya dapat meningkatkan penjualan ikan patin. Selain itu juga diharapkan dapat meningkatkan citra ikan patin di Indonesia.

Berdasarkan penilaian dari dewan juri, Provinsi Jambi ditetapkan sebagai Juara Umum Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Nasional ke-12. Adapun kemenangan yang diraih Jambi meliputi Juara I Kategori Menu Balita, Juara I Kategori Menu Keluarga, dan Juara Harapan I untuk Kategori Menu Kudapan. Kemenangan-kemenangan pada sejumlah kategori itulah yang mengantarkan Tim Jambi menjadi juara umum pada ajang lomba kali ini. Sebagai Juara Favorit dengan kriteria kebersihan, kerapihan dan keharmonisan dalam penataan adalah Provinsi Kalimantan Selatan. Provinsi Sumatera Barat dalam lomba masak ini diwakili oleh Kabupaten Solok.

Stand Sumatera Barat khususnya stand seafood expo cukup mendapat apresiasi dari pengunjung, terbukti dari atensi yang diberikan terhadap produk-produk makanan berbasis perikanan Sumatera Barat, terutama rendang tuna, abon ikan tuna serta ikan bilih Singkarak spesifik Sumatera Barat. Ibu Vita Gamawan mengharapkan pada kesempatan yang akan datang, stand Sumatera Barat lebih mendapat perhatian dari pengunjung dengan menampilkan aneka produk yang lebih menarik dari segi komposisi, jenis dan rasa produk serta kemasan yang lebih menarik mengingat Sumatera Barat terkenal dengan kulinernya sampai kemancanegara.


Kunjungan Ibu Vita Gamawan dan Dirjen P2HP ke Stand Sumatera Barat

 


Berita Terkait Lainnya :