Peringatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) Tahun 2014 di Sumatera Barat

Berita Utama () 11 Agustus 2014 04:41:59 WIB


Bertempat di halaman Kantor UPT Kementerian Kehutanan Provinsi Sumatera Barat, rimbawan Sumatera Barat yang terdiri dari pegawai Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat dan UPT Kementerian Kehutanan Sumatera Barat (TNS, BKSDA, TNKS, BPDAS Agam Kuantan) melaksanakan upacara peringatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) pada tangal 10 Agustus 2014. Sejak tahun 2009, Presiden RI menetapkan tanggal 10 Agustus sebagai Hari Konservasi Alam Nasional disingkat HKAN melalui Peraturan Presiden No. 22 tahun 2009.

Upacara dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat, Bpk. Ir. Hendri Octavia,M.Si. Dalam kesempatan tesebut beliau membacakan pidato Menteri Kehutanan.

Dalam pidatonya Menteri Kehutanan, Bpk. Zulkifli Hasan berharap melalui peringatan HKAN ini kesadaran pentingnya konservasi alam semakin meningkat, menggalang semangat, memotivasi masyarakat Indonesia untuk memahami pentingnya menyelamatkan ekosistem alam dengan tidak melakukan kerusakan terhadap kawasan-kawasan konservasi, tidak membuang sampah sembarangan, menanam jenis-jenis tanaman endemik dan jenis langka, melepas satwa liar yang dilindungi ke habitat alamnya, menghindari penggunaan barang-barang yang tidak terurai seperti plastik, tidak melakukan pembakaran lahan tanpa terkendali, turut berpartisipasi mencegah pembalakan liar dan perdagangannya termasuk perdagangan satwa dan flora yang dilindungi.