Pelepasan Mahasiswa KKN-PPM se Sumatera Barat

Berita Utama () 16 Juni 2014 05:51:35 WIB


"Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa secara interdisipliner, institusional dan kemitraan dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral sebagai salah satu wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Sejalan dengan dinamika yang terjadi baik pada tingkat masyarakat, pemerintah daerah, pemerintah pusat maupun dunia global maka dewasa ini program KKN diarahkan menjadi KKN Tematik yang berbasis pendidikan sebagai wahana pengabdian kepada masyarakat" Kata Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno dalam sambutannya pada acara Pelepasan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata dan Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) di Gedung Serba Guna IAIN Imam Bonjol Padang pada Kamis, 12 juni 2014 kemaren.

Program KKN-PPM melatih mahasiswa menerapkan ilmu yang dimilikinya kepada masyarakat atau proses alih teknologi sehingga diharapkan terjadinya perubahan pengetahuan, keterampilan dan sikap masyarakat agar mau dan mampu mengidentifikasi sekaligus memecahkan masalah yang dihadapi, sehingga ilmu yang dimiliki tidak hanya berguna untuk diri kita sendiri tetapi juga bermanfaat bagi masyarakat luas terutama masyarakat di nagari, desa dan kelurahan.

Dalam sambutannya, irwan juga berharap agar dapat diimplementasikan dalam program aksi dilapangan yaitu Perumusan perencanaan pembangunan dan program pembangunan nagari bersama masyarakat setempat dibawah naungan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM). Tujuan diadakannya Program ini adalah untuk mengenalkan mahasiswa pada kenyataan rill di lapangan dalam mengintegrasikan program pemerintah melalui KKN-PPM dengan cara memberikan pelatihan dan pengalaman ke masyarakat secara langsung dan praktis sehingga tumbuh sikap saling pengertian serta membutuhkan.

Disamping itu juga untuk mewujudkan dharma pengabdian dalam memadukan unsur pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dan meningkatkan rasa tanggung jawab mahasiswa dalam berfikir interdisipliner, memantapkan kecakapan dan mempertajam penalaran mahasiswa. Adapun Lokasi KKN-PPM tahun 2014 tersebar pada 16 kab/kota yaitu Kab. Padang Pariaman, Agam, Tanah Datar, Lima Puluh Kota, Pasaman, Pasaman Barat, Solok, Sijunjung, Dharmasraya, Solok Selatan, Pesisir Selatan, Kota Padang, Bukittinggi, Padang Panjang, Payakumbuh dan Pariaman.