Dalam rangka mengurangi hama tanaman perkebunan Dinas Perkebunan Prov. Sumbar melaksanakan kegiatan Gerakan Massal Pemberantasan Hama PBK dan Hama Tupai tahun 2014

Berita Utama () 30 April 2014 04:48:51 WIB


Dalam rangka mengurangi gangguan hama tanaman perkebunan rakyat terutama hama tupai pada tanaman kakao dan kelapa, Dinas Perkebunan melaksanakan kegiatan sosialisasi pemberantasan hama PBK dan hama tupai sekaligus pemberian bantuan senapan angin kepada petani perkebunan di Sumatera Barat. Pada tahun 2014 dilaksanakan kegiatan ini pada 4 Kabupaten yaitu Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Agam, Kabupaten Padang Pariaman dan Kabupaten Pasaman Barat. Target hama tupai yang diberantas adalah sebanyak 20.000 ekor atau 5.000 perekor di Kabupaten.

Pada Waktu pelaksanaan kegiatan sosialisasi di Kabupaten Agam petani sangat antusias mengikuti sosialisasi tersebut yang disampaikan oleh tim teknis dari Dinas Perkebunan Provinsi dan petugas dari Kabupaten Agam. Kegiatan dilaksanakan di Nagari Tiku Utara Jorong Bukit Malintang yang diikuti oleh 3 kelompok tani yaitu Kel Tani Intan Usaha Tani, Desa Remaja dan Santan Batapih. Pemberantasan hama tupai yang dilaksanakan dengan cara menembak dengan senapan angin, yang dibantu oleh regu tembak dari tim kepolisian, TNI dan atlet menembak yang tergabung dalam Perbakin (Persatuan atlet penembak) Kabupaten Agam. Disamping itu petani juga langsung melaksanakan buru tupai dengan cara menembak dengan senapan angin yang telah mereka milikki. Kegiatan pemberantasan hama tupai berlangsung selama 4 hari dengan target terberantasnya  tupai sebanyak 5.000 ekor dimana setiap ekor tupai nantinya diganti dengan uang sebanyak Rp. 5.000.

                                                                                     

Pada hari sosialisasi juga diberikan pembelajaran kepada petani tentang hama tanaman perkebunan dan cara pemberantasan hama tersebut, ini disampaikan oleh tim teknis dari Dinas Provinsi Sumatera Barat dan dibantu oleh tim teknis dari Kabuapaten Agam. Kemudian diserahkan secara simbolis bantuan senapan angin sebanyak 2 unit kepada masing-masing kelompok tani oleh Kepala Dinas Perkebunan yang diwakili oleh Kasi Perlitan Agustian, SP. yang digunakan kelompok tani untuk pemberantasan hama tupai selanjutnya. Harapan Kepala Dinas Perkebunan agar petani dapat mempergunakan senapan tersebut dan dilanjutkan secara swadaya untuk tetap memelihara tanaman dan melakukan pemberantasan hama secara berkelanjutan sehingga hasil panen dapat ditingkatkan dan pengurangan hama tanaman bisa dikendalikan.