Festival Langkisau

Pariwisata () 29 April 2014 02:46:40 WIB


Bertempat di pelataran Parkir Kawasan Objek Wisata Pantai Carocok Painan, Kabupaten Pessel, iven Festival Langkisau Ke-12 secara resmi kemarin dibuka oleh Irwan Prayitno, Gubernur Sumbar. Pembukaan diawali dengan pemukulan Gong dan pelepasan puluhan peserta pawai budaya dari masing-masing Nagari yang ada di Pessel.

sebanyak kurang lebih 17 jenis perlombaan diantaranya Paralayang, selaju sampan, trabas, baju adat, talempong kacik, randai, lagu pop minang, merandang, uda dan uni pessel diadakan. Tak hanya itu, stand bazaar dari masing-masing SKPD terkait juga di pamerkan.

Disamping merupakan agenda tahunan, Festival langkisau juga bertujuan melahirkan bibit-bibit pelaku seni, ajang kreatifitas dan aktifitas kesenian daerah Pessel, serta meningkatkan perekonomian masyarakat.

Festival langkisau juga diyakini akan mampu mendongkrak jumlah kunjungan wisata baik lokal maupun mancanegara, sebab hingga saat ini kabupaten Pessel merupakan salah satu destinasi wisata unggulan Sumbar, ditambah lagi dengan adanya iven Langkisau yang memperlombakan segudang kesenian daerah, tentu akan lebih menarik minat wisatawan,”tambah Irwan Prayitno.

Dari tahun ke tahun Pemkab Pessel selalu melakukan pembenahan, baik dari segi pelaksanaan maupun infrastruktur, bahkan direncanakan tahun depan akan dibangun hotel di kawasan pantai Cerocok agar dapat menampung jumlah wisatawan yang datang.  (*)