Wujudkan Impian Warga Sejak Lama, Wagub Sumbar Launching BTS dan Nagari Digital di Sitanang dan Pagadih

Wujudkan Impian Warga Sejak Lama, Wagub Sumbar Launching BTS dan Nagari Digital di Sitanang dan Pagadih

Berita Utama Dedi Oscar Adams, M.I.Kom.(DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA DAN STATISTIK) 24 September 2024 19:57:50 WIB


Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Audy Joinaldy didampingi GM Telkom Sumbar Jambi Muhammad Ihsan, Kadis Kominfotik Sumbar diwakili Sekdin Oni Fajar dan Kadis Kominfo Agam Syatria, meluncurkan secara resmi nagari digital dan tower BTS sebagai solusi blankspot di Nagari Sitanang dan Nagari Pagadih, Kabupaten Agam, Selasa (24/09/2024).

Peresmian tower yang telah lama diimpikan oleh sekitar 2293 warna Nagari Sitanang, itu ditandai dengan pengguntingan pita dan dilanjutkan peninjauan lokasi BTS.

Wagub dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada PT Telkom dan PT Telkomsel yang berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan Agam melalui dinas kominfotik telah menghadirkan sinyal telekomunikasi di Nagari Sitanang dan Nagari Pagadih.

"Terimakasih Pak Ihsan beserta jajaran, Telkom, Telkomsel yang bekerjasama dengan Dinas Kominfotik yang secara perlahan telah berhasil membebaskan Sumatera Barat dari blankspot, semoga kolaborasi ini terus berlanjut,"ujar wagub.

"Ini kolaborasi antara Pemprov melalui Diskominfotik, Pemkab Agam, Telkom, Telkomsel. Ini suatu yang baik, membuka keterisoliran. Manfaatkan kapitalisasi sinyal yang ada ini untuk membantu ekonomi masyarakat," tambahnya.

Apresiasi yang sama juga disampaikan GM Telkom Muhammad Ihsan kepada Pemprov Sumbar melalui Diskominfotik Sumbar yang telah mempercayai PT Telkom untuk jaringan telekomunikasi di Pemprov Sumbar.

"Kami membangun jaringan fiberoptik ke Nagari Sitanang dan Nagari Pagadih dengan investasi cukup besar. Kami berharap dapat membantu menuntaskan blankspot dan jadi penggerak ekonomi dan berharap kerjasama ini bisa dilanjutkan dengan cakupan yang lebih luas lagi,"ucap Muhammad Ihsan.

Bupati Agam yang diwakili Kadis Kominfo Syatria menyampaikan, kehadiran BTS di Nagari Sitanang dan Pagadih merupakan suatu Langkah strategis yang memudahkan akses informasi.

Sementara itu, Wali Nagari Sitanang, Taufik Saleh mengungkapkan rasa syukur telah hadirnya sinyal di Sitanang.

"Adanya tower di Nagari Sitanang dan Pagadih merupakan penantian Panjang impian kami, dan hari ini telah diresmikan. Inilah bentuk kepedulian pemimpin kami, pemerintah, Telkom dan Telkomsel dalam pemerataan jaringan telekomunimasi untuk masyarakat

"Kehadiran BTS di nagari kami sebuah anugerah yang sangat berarti bagi kami. Mimpi masyarakat nagari untuk terhubung dengan dunia luar menjadi kenyataan bagi kami, dapat dengan mudah berkomunikasi dan bersilaturahmi dengan sanak saudara di perantauan,"kata Taufik.

Salah seorang warga Sitanang, Neli juga merasa gembira dengan kehadiran BTS di kampungnya. Dulu sebelum ada sinyal, ia haus berkendara cukup jauh untuk mendapatkan sinyal. 

"Alhamdulillah, terimakasih sekarang di kampung kami sudah ada sinyal. Komunikasi sama saudara bisa dari rumah saja. Sebelumnya harus naik motor mencari sinyal. Sekarang dari kamar saja sudah bisa telepon, WA dan nonton youtube,"kata Neli.(doa/Diskominfotik Sumbar)