Kepala Diskominfotik Sumbar: Penting bagi Humas Memanfaatkan Teknologi

Kepala Diskominfotik Sumbar: Penting bagi Humas Memanfaatkan Teknologi

Berita Utama Havina Mirsya \'afra, S. Sos.(DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA DAN STATISTIK) 24 Juli 2024 19:53:54 WIB


Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Siti Aisyah, hadir sebagai salah satu narasumber di acara Rapat Teknis (Rakernis) Humas Polda Sumbar. Rakernis ini diselenggarakan di Gedung Polda Sumbar, Kota Padang, Rabu (24/07/2024). Dalam paparannya, Aisyah menekankan pentingnya seorang humas menguasai teknologi untuk menunjang pekerjaannya.

“Ini sebenarnya yang perlu sekali. Dengan zaman digitalisasi ini, perlu bagi humas itu untuk mampu dalam memanfaatkan teknologi yang kemudian bisa dimanfaatkan sebagai saluran komunikasi,” jelas Aisyah. 

Aisyah juga menekankan pentingnya kemampuan seorang humas dalam mengelola pengaduan masyarakat. Aisyah meyakini Polda Sumbar pun memiliki saluran yang menampung pengaduan dari masyarakat dan saluran tersebut harus dikelola dengan baik oleh humas. 

Selanjutnya, Aisyah menuturkan perkembangan teknologi saat ini dimanfaatkan oleh semua orang karena berbagai alasan. Aisyah menjelaskan terdapat tiga alasan utama seseorang menggunakan internet. Pertama, untuk mencari informasi. Kedua, berkabar dengan teman dan keluarga, serta ketiga, untuk mencari inspirasi atau ide-ide baru.

“Dari banyaknya alasan seseorang itu menggunakan internet, kebanyakan untuk mencari informasi, 83 persen. Tapi informasi seperti apa? Bisa bermacam-macam. Itu dari hasil survey,” ujar Aisyah.

Rakernis Humas Polda Sumbar mengusung tema “Fungsi Humas di Era Digitalisasi”. Hadir juga dalam Rakernis tersebut Komisioner Komisi Informasi (KI) Sumbar, Mona Sisca; Dosen Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Andalas, Dalmenda; dan Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumbar, Guspa Chaniago sebagai narasumber. (hm/Diskominfotik Sumbar)