Menparekraf Resmi Melaunching Road To World Islamic Enterpreneur Summit 2025

Menparekraf Resmi Melaunching Road To World Islamic Enterpreneur Summit 2025

Berita Utama Rina Yuli Hefni, S.ST.(DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA DAN STATISTIK) 07 Juli 2024 22:04:18 WIB


Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, resmi melaunching Road To World Islamic Enterpreneur Summit (WIES) 2025, di Aula Masjid Raya Sumbar, bertepatan dengan penamaan Masjid Raya Sumbar menjadi Masjid Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi, pada Minggu (07/07/2024) siang.

Mengangkat tema Masjid sebagai pusat pemberdayaan, wirausaha dan inovasi, rangkaian Road To WIES 2025 diisi dengan penampilan seni Sumatera Barat dan talkshow yang menghadirkan para tokoh dari dalam dan luar negeri.

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno dalam sambutannya menyebut bahwa WIES 2025 nanti diharapkan dapat mengulang suksesnya pagelaran WIES pertama kali tahun 2023 yang diikuti oleh 20 negara, dengan menghadirkan 10 ribu lebih pengunjung dengan capaian transaksi ekonomi lebih kurang Rp150 miliar.

"WIES 2025 nanti kita harapkan bisa menjadi kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Barat, Indonesia, dan dunia. Ini merupakan kerjasama yang akan membangun Sumatera Barat sebagai episentrum, bukan sebagai pelengkap, tapi episentrum pusat kewirausahaan Islam di dunia dan juga pusat industri halal dunia," ucap Menparekraf.

Pada kesempatan yang sama Gubernur Sumbar, Buya Mahyeldi, menyambut baik dan memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan Road To WIES 2025.

"Pada hari ini mari kita sambut dengan rasa syukur kegiatan Road To WIES 2025, sebagai rangkaian peringatan 1 Muharram 1446 H di Masjid Raya Sumatra Barat yang hari ini kita beri nama Masjid Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi, dan berharap kegiatan Road To WIES 2025 ini, bisa menjadi semangat kebangkitan kepada kita, semangat hijrah ke arah lebih baik, sektor pariwisata yang lebih maju, kunjungan yang lebih meningkat, sarana prasarana yang lebih baik dan pengelolaan pariwisata yang lebih sempurna untuk masa-masa yang akan datang," harap Buya Mahyeldi.

Selain itu Buya Mahyeldi menyebut bahwa Road To WIES 2025 merupakan serangkaian persiapan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat yang berkolaborasi dengan stakeholder terkait dalam menyambut WIES 2025 nanti.

"Acara Road To WIES 2025 ini bertujuan untuk mempromosikan kegiatan WIES 2025 kepada masyarakat luas, khususnya para pelaku industri pariwisata dan ekonomi kreatif, tidak hanya sekedar promosi, Road To WIES 2025 juga berfungsi sebagai platform untuk mendiskusikan inovasi, kolaborasi dan strategi dalam menghadapi tantangan industri," ungkap Buya Mahyeldi.

Terakhir Gubernur berharap kegiatan Road To WIES 2025 bisa menciptakan sinergi dan kolaborasi dari berbagai pihak dalam mensukseskan WIES 2025.

"Dengan adanya kegiatan Road To WIES 2025 ini diharapkan terbentuk sinergi yang kuat, antara pemerintah, pelaku usaha, masyarakat, media, beserta seluruh stakeholder lainnya, dalam mengoptimalkan ekonomi kreatif dan pariwisata di Sumatera Barat, dan berharap WIES 2025 menjadi ajang yang sukses dan membawa manfaat besar bagi perkembangan ekonomi dan pariwisata dan memperkuat posisi Sumatera Barat di kancah internasional," pungkasnya.

Turut hadir pada kegiatan Road To WIES 2025 tersebut, Bupati/Walikota, Forkompinda, Ketua Tim PKK Provinsi Sumbar, Kepala OPD, Kepala Dinas Pariwisata Kab/Kota se-Sumbar, Ketua BPPD Sumbar, Kepala BUMN/BUMD, Kepala Instansi Vertikal, Rektor Universitas Negeri/Swasta, Tokoh Masyarakat, Bundo Kanduang, Insan Pers, juga tampak hadir tamu dari luar negeri, yakni Manajer Program Pengembangan Industri Halal Departemen Perdagangan dan Industri Filipina, COO dan Co-founder Incitement Malaysia, serta Presiden Direktur MFB & Co. Company dari Arab Saudi yang juga merupakan keturunan dari Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi.(RYH/Diskominfotik Sumbar)