Ketua Umum Dekranas Ibu Wury Ma'ruf Amin Torehkan Tinta Emas Pada Batik Lumpo di Acara Hari Batik Nasional

Ketua Umum Dekranas Ibu Wury Ma'ruf Amin Torehkan Tinta Emas Pada Batik Lumpo di Acara Hari Batik Nasional

Berita Utama Algamar Arif Safitra, S.I.Kom.(DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA DAN STATISTIK) 06 Oktober 2023 14:29:41 WIB


Sebagai bentuk apresiasi atas warisan budaya bangsa, Wakil Ketua Dekranasda Provinsi Sumatera Barat Ny. Fitria Amalia Audy hadiri acara pembukaan peringatan Hari Batik Nasional Tahun 2023 yang diadakan di Museum Batik Indonesia Taman Mini Indonesia Indah. Senin (2/10/23). 

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Yayasan Batik Indonesia tersebut, dihadiri oleh Ketua Umum Dekranas Ny. Wury Ma'ruf Amin, Mendikbudristek Bpk. Nadiem Makarim beserta jajaran, Perwakilan Duta Besar Negara Sahabat, Jajaran Anggota OASE Kabinet Indonesia Maju, Ketua Pelaksana Hari Batik Nasional 2023 Ibu Shanty Leksono, Wakil Ketua Yayasan Batik Indonesia Ibu Diana Sentosa beserta jajaran, Ketua Dekranasda Provinsi dan Kabupaten Seluruh Indonesia, dan Para Penggiat Batik dari Seluruh Indonesia. 

Pada sambutannya, Ny. Wury Ma'ruf Amin menyampaikan "Hadirnya Hari Batik Nasional dengan tema 'Batik Bangkit' merupakan momen penting bagi industri batik agar dapat tumbuh dan maju setelah sempat terhambat akibat pandemi covid-19, selain itu peringatan Hari Batik Nasional juga menandai kiprah batik sebagai warisan budaya nasional yang mendunia lewat pameran pagelaran dan peragaan busana internasional". 

Pelaksanaan rangkaian acara pembukaan tersebut, turut ditandai dengan kegiatan Mencanting Kain Batik dengan motif IKN oleh Ny. Wury Ma'ruf Amin, Bpk. Nadiem Makarim, dan Ibu Shanty Leksono. 

Ny. Wury Ma'ruf Amin juga turut meninjau Museum Batik Indonesia sembari menyapa para pengrajin yang turut hadir berpartisipasi dengan karya batik dari masing-masing daerah. Pada kesempatan tersebut, beliau juga berkenan menorehkan tinta emas pada kanvas kain batik lumpo bermotif jam gadang karya Ibu Novia Hertini, yang turut didampingi oleh Pengamat Sejarah Bpk. Rustam Rusdi, sebagai bentuk apresiasi dan kekaguman atas karya dari pengrajin Minangkabau.  

Tak hanya itu, penandatanganan tinta emas tersebut juga turut ditorehkan oleh Mendikbudristek Bpk. Nadiem Makarim dan Wakil Ketua Dekranasda Sumbar Ny. Fitria Amalia Audy.  

Wakil Ketua Dekranasda Provinsi Sumatera Barat Ny. Fitria Amalia Audy menyampaikan rasa terimakasih yang sebesar-besarnya atas apresiasi yang diberikan kepada karya pengrajin sumatera barat tersebut. Beliau berharap agar hal ini dapat menjadi motivasi bagi para pengrajin untuk terus melahirkan karya-karya yang gemilang dalam rangka mengenalkan budaya minangkabau kepada dunia.